Coba bayangkan bila saat ini belum ada pesawat terbang. Wah, pasti repot sekali, ya. Apalagi bila harus bepergian ke luar negeri.

Berterimakasihlah kepada dua bersaudara, Orville Wright dan Wilbur Wright. Merekalah yang pertama kali menciptakan pesawat terbang.

Wilbur yang lahir pada 16 April 1867 adalah kakak dari Orville, pria kelahiran 18 Agustus 1871.

Mainan

Saat masih kanak-kanak, Wilbur dan Orville pernah dibelikan oleh Ayahnya, mainan mirip helikopter yang bisa terbang. Mereka sangat menyukai mainan itu. Ketika mainan tersebut rusak, dua bersaudara ini malah membuat sendiri mainan yang hampir mirip.

Sejak saat itulah, Wilbur dan Orville menyukai dunia penerbangan. Bahkan, mereka memiliki cita-cita untuk menerbangkan manusia ke udara.

Pada tahun 1892, mereka membuka toko sepeda yang dilengkapi dengan bengkel sepeda. Penghasilan dari toko itulah, Orville dan Wilbur mewujudkan berbagai percobaan untuk menciptakan pesawat. Sejak tahun 1899, mereka selalu gagal menciptakan benda yang dapat menerbangkan manusia.

Berhasil

Akhirnya, pada 17 Desember 1903, mereka berhasil menerbangkan sebuah mesin bersayap di sebuah bukit bernama Kill Devil, di daerah Kitty Hawk, Carolina Utara, Amerika Serikat.

Pada percobaan pertama waktu itu, Orville dapat terbang selama 12 detik sejauh 120 kaki. Penerbangan terlama dilakukan Wilbur selama 59 detik dan tingginya 852 kaki.

Setelah berhasil menciptakan pesawat sederhana itu, barulah pesawat dikembangkan dengan teknologi super canggih. Fungsi baling-baling pada pesawat mulai digantikan dengan jet yang lebih canggih.

Berkat kerja keras dan pantang menyerah yang dimiliki Wright bersaudara itu, pesawat kini mampu membawa kita ke manapun tujuan kita. Jadi, jangan mudah menyerah ya, agar cita-cita kamu terwujud.

(JFK/Nov)

 

You may also like
Latest Posts from

1 Comment

  1. … [Trackback]

    […] Read More here: majalahjustforkids.com/orville-wright-dan-wilbur-wright-penemu-pesawat-terbang-terbang-selama-12-detik/ […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *