Jumlah benda angkasa yang ada di alam semesta ini mencapai ribuan, bahkan jutaan hingga miliaran. Benda-benda tersebut selalu bergerak, termasuk bumi dan matahari. Semua bergerak dan tak pernah saling tabrak. Mengapa bisa demikian?

Tata surya, menurut para ahli terdiri atas matahari dan 8 planet yang mengelilinginya yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus, serta benda planet lainnya seperti satelit, asteroit, komet, dan meteor. Setiap planet diikuti oleh benda langit yang lebih kecil disebut satelit.

Ada sekitar 200 miliar galaksi di alam semesta yang masing-masing terdiri dari hampir 200 miliar bintang. Sebagian besar bintang-bintang ini mempunyai planet, dan sebagian besar planet-planet ini mempunyai bulan.

 

Seperti Rel Kereta

Dengan banyaknya benda angkasa di alam semesta, mengapa mereka tidak pernah bertabrakan?

Ternyata ini dikarenakan masing-masing planet atau benda angkasa memiliki garis edar sendiri atau yang disebut dengan orbit. Garis edar planet (orbit) adalah lintasan planet mengelilingi matahari. Ibarat kereta api, masing-masing memiliki rel tempat mereka melintas.

Semua benda langit tersebut bergerak dalam garis peredaran yang diperhitungkan dengan sangat teliti. Selama jutaan tahun, masing-masing seolah “berenang” sepanjang garis edarnya dalam keserasian dan keteraturan yang sempurna bersama dengan yang lain.

 

Berbentuk Elips

Selain itu, sejumlah komet juga bergerak bersama sepanjang garis edar. Garis edar semua planet mengelilingi matahari berbentuk agak lonjong (elips) dan matahari berada pada salah satu titik fokus elips tersebut.

Karena bentuk orbit planet berbentuk elips, maka terdapat posisi planet pada garis edar yang jaraknya paling dekat dengan matahari yang disebut prihelium. Sebaliknya terdapat posisi planet pada orbit yang jaraknya paling jauh ke matahari yang disebut aphelium.

 

Gravitasi Matahari

Dalam satu hari, matahari bergerak sejauh kurang lebih 17.280.000 kilometer. Bersama matahari, semua planet dan satelit dalam sistem gravitasi (gaya tarik) matahari juga berjalan menempuh jarak ini. Selanjutnya, semua bintang di alam semesta berada dalam suatu gerakan yang terencana dan teratur. Menakjubkan bukan?

 

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *