Salah satu momentum yang sangat krusial dalam tumbuh kembang anak adalah golden age. Golden age atau periode emas adalah tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang paling penting  pada masa awal kehidupan. Golden age meliputi 1000 hari pertama kehidupan anak yang dihitung dari masa dalam kandungan sampai dengan usia anak mencapai dua tahun.

Masa golden age sangat penting dan perlu diperhatikan khusus. Pada masa golden age otak bertumbuh secara maksimal, begitu pula pertumbuhan fisik. Selain itu, masa tersebut juga terjadi perkembangan kepribadian dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi. Salah satu yang dapat dioptimalkan dalam membantu tumbuh kembang anak di masa golden age adalah olahraga. Nah, olahraga apa saja yang bisa dilakukan?

Ternyata, hanya satu olahraga yang secara natural sudah dapat dilakukan oleh bayi usia dini. Yaitu berenang. Tak hanya banyak hal baik yang akan didapatkan, ada beberapa alasan yang harus diketahui, mengapa berenang sedini mungkin baik untuk anak:

Pertama, tenggelam merupakan sebab utama kasus kematian bayi berusia di bawah 5 tahun di Inggris. Dengan belajar berenang sedini mungkin, membantu mengaktifkan organ dan keahlian natural berenang anak sejak dini sebagai bekal keamanan selama bermain air di kemudian hari.

Alasan kedua, mengajarkan berenang pada bayi mengurangi angka obesitas anak usia awal pertumbuhan. Masing-masing program Aquababies dilengkapi dengan olah fisik yang lengkap, membantu penguatan jantung dan paru-paru anak, membantu tumbuh kembang otak anak, termasuk meningkatkan stimulasi lima indera (perasa, penciuman, sentuhan, penglihatan, dan pendengaran).

Ketiga, kegiatan berenang orangtua dan anak juga dapat mempererat ikatan. Dengan berenang, bisa mewujudkan quality time. Aquababies dapat menjadi sekolah pertama bagi si buah hati karena selama sesi renang berlangsung mereka juga akan mempelajari beberapa hal, diantaranya kepercayaan diri, pengambilan keputusan, interaksi sosial, empati, kemampuan mengikuti instruksi, dan pengambilan risiko.

Alasan keempat, dengan belajar berenang bersama Aquababies, kemampuan anak untuk berkoordinasi akan berkembang. Berenang bersama mainan di air, dapat meningkatkan motor skills.

Alasan kelima meningkatkan kekuatan. Otot yang digunakan dalam sesi berenang bersama Aquababies akan lebih mudah aktif dan kuat.

“Kami hadir di berbagai area untuk bisa menjangkau para orang tua. Tumbuh kembang anak yang begitu cepat di periode emas tidak boleh dilewatkan, karena itu kami mengajak ayah dan bunda untuk secara rutin membawa anak mereka ke Aquababies. Meningkatkan motoric skill sembari menghabiskan waktu berkualitas bersama buah hati tercinta,” terang Bapak Adimas Prawiro, CEO Aquababies Indonesia.

Lakukan kegiatan berenang bersama dengan aman dan nyaman di Aquababies yang sudah tersebar di banyak titik. Ada di wilayah Menteng, Alila SCBD, Pejaten, Kebayoran Baru, dan Sawangan. Untuk teman-teman di Bali dapat datang ke Aquababies di wilayah Sanur, Kuta, Canggu, dan Jimbaran. Sedangkan teman-teman di Surabaya dapat berkunjung di Dharmahusada.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *