Melihat kuda zebra belang-belang, teman-teman pasti sudah biasa. Tapi, melihat sejenis jerapah belang-belang, rasanya unik ya? Apalagi belang-belangnya hanya pada bagian kakinya saja. Persis seperti manusia yang memakai stoking belang-belang di kakinya. Hihi..lucu ya?

Binatang bernama Okapi ini memang memiliki belang hitam putih di bagian kakinya sejak lahir. Okapi berasal dari terjemahan kata Atti dari bahasa Kongo. Habitat aslinya di hutan hujan lebat yang berada di dataran tinggi, yaitu di hutan hujan tropis Ituri, Timur Laut dari Republik Demokratik Kongo dan beberapa daerah tertentu di Sudan.

 

Tiga Keunikan

Ada tiga keunikan lain yang juga dimiliki Okapi. Pertama, bentuk kepalanya menyerupai kuda. Kedua, lidah dan struktur kakinya mirip dengan jerapah. Panjang lidahnya bisa mencapai 36 cm sehingga bisa untuk membersihkan kelopak mata dan telinganya. Tak heran kalau kemudian Okapi disebut sebagai Jerapah hutan. Adapun keunikan yang ke-tiga, belang-belang di kaki Okapi terlihat sama seperti belang-belang zebra.

 

Langka

Okapi sendiri baru terpublikasi pada tahun 1901 setelah ditemukan oleh penduduk asli Kongo. Binatang unik ini sulit ditemui karena sifat mereka yang hidup soliter (menyendiri).

Tinggi Okapi bisa mencapai 2 meter, lebar 2,5 meter dengan berat sekitar 350 kg. Dalam sehari, seekor Okapi dewasa bisa melahap tanaman seberat 10 persen dari berat tubuhnya. Tanaman yang dikonsumsi sebagian besar species tanaman beracun bila dikonsumsi manusia.

Okapi mengandung anaknya selama 427-491 hari. Seekor Okapi betina dewasa hanya akan melahirkan satu bayi Okapi saja. Bayi Okapi mungil pada saat lahir bisa mencapai 30 kg. Besar juga ya?

 

 

Teks: JFK     Foto: Ist

 

 

 

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *