Akhirnya Indonesia melahirkan seorang Grandmaster lagi. Terakhir gelar Grandmaster ini diraih oleh Kak Susanto Megaranto pada tahun 2004 lalu. Ya, Kak Novendra Priasmoro berhasil menjadi GM ke-8 Indonesia, setelah menunggu 16 tahun lho!

Gelar Grandmaster ini terjadi pada babak 7 turnamen catur Liberec Open yang berlangsung di Liberec, Ceko, Kamis (27/2) malam setelah Kak Novendra mencetak kemenangan beruntun untuk ketujuh kalinya dengan mengalahkan IM Klaudia Kulon (2335) dari Polandia. Kak Novendra menang pada langkah 25 pembukaan serangan Trompowsky.

Kemenangan tersebut selain memperkokoh dirinya sebagai pemimpin klasemen sementara dengan angka sempurna 7 poin, juga memastikan kebutuhan tambahan rating sebanyak 11 poin untuk memenuhi persyaratan rating GM sebesar 2500 terlampaui. Ia mendapat tambahan 2,9 poin lagi sehingga tabungan rating Kak Novendra sudah mencapai 11,4 poin. Pertandingan masih dua babak lagi, Kak Novendra menargetkan merebut 1,5 poin lagi untuk memastikannya keluar sebagai juara.

Keberhasilan Kak Novendra dalam meraih Grandmaster tidak lepas dari dukungan penuh PT United Tractors Tbk (UT) yang telah mensponsorinya melalui program UT Inspiring Youth sejak tahun 2018. Selama dua tahun, UT memberikan pelatihan intensif dengan mendatangkan pelatih asing, mengikutsertakan dalam kejuaraan-kejuaraan catur tingkat dunia, dan menyediakan pembekalan psikologi olah raga. Kali ini Kak Novendra berhasil meraih gelar Grandmaster sesuai dengan yang ditargetkan oleh UT. Selain Kak Novendra, UT juga mendukung atlet catur berprestasi Kak Aditya Bagus Arfan dan diharapkan untuk meraih predikat Grandmaster pada akhir tahun 2024.

(Foto : Ist)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *