Nggak enak rasanya sakit, ya, Kids. Tapi, kadang kita nggak bisa menebak kapan bakteri atau virus yang ada di sekitar kita menyerang. Apalagi, kalau saat itu kekebalan tubuh kamu lagi lemah. Tak ayal, kamu jadi gampang terserang atau tertular penyakit.

Kekebalan tubuh pada anak, menurut dr. Juliaty Salim, Sp.A  dari RS Mitra Keluarga Kemayoran, sangat penting dalam menjaga kesehatan. Jika seorang anak memiliki kekebalan tubuh yang baik, maka akan memberikan perlindungan dari pengaruh luar seperti infeksi bakteri dan virus, sehingga anak-anak jadi tidak gampang sakit.

Hal ini ia sampaikan pada acara edukasi kesehatan dan parenting talkshow  yang diadakan oleh PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional bertema “I’m Superkid”  di Allianz Ecopark, Ancol, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

Kalau kekebalan tubuh kamu melemah, maka perlindungan tubuh-mu juga ikut melemah. Itulah  yang menyebabkan virus atau bakteri mudah masuk ke dalam tubuh dan berkembang. “Pada anak-anak, sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna sehingga rentan terkena penyakit. Meskipun begitu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh,” lanjut dr. Juliaty.

Pertama, konsumsi makanan sehat dan bergizi. Jangan jajan sembarangan, Kids. Lebih baik kamu makan bekal yang sudah disiapkan oleh Bunda dari rumah. Perbanyak makan buah dan sayur, ya?

Kalian juga bisa minum suplemen untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Suplemen terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah vitamin D dan seng (zinc).

Lalu cukup tidur. Anak-anak usia sekolah seperti kalian masih dalam tahap tumbuh kembang. Pastikan tidur malam-mu cukup, antara 8-9 jam, ya. Lebih bagus lagi, kalau kamu bisa tidur siang selama 2 jam.

Jangan lupa, pastikan kamu menjaga kebersihan diri, ya, Kids. Selalu mencuci tangan setelah selesai beraktivitas, atau sebelum/sesudah makan.

Selain itu, aktif bergerak juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Kalau kamu suka olahraga, silakan lanjutkan hobi kamu. Namun, tidak harus selalu olahraga, kok. Dengan jalan kaki setengah jam per hari, naik turun tangga, menari dan bermain di luar ruangan, membuat kamu juga sudah melakukan aktivitas fisik.

“Kalbe berkomitmen dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, di antaranya kesehatan anak-anak Indonesia,” ujar Ibu Natalia Erlan, Group Marketing Head PT Kalbe Farma Tbk. “Melalui kegiatan ini, kami mengajak orangtua untuk memperhatikan kesehatan anak-anaknya terutama yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh (imun) anak, pencernaan anak, dan pemberian nutrisi yang tepat,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Kalbe juga memperkenalkan produk Starmuno Kids (untuk meningkatkan sistem imun anak), Liprolac (untuk menjaga bakteri baik pada pencernaan anak), dan produk Entrakid untuk memenuhi kebutuhan gizi harian anak.

 

 

 

 

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *