Tanya : Halo namaku Tania, usiaku 10 tahun. Aku suka banget K-pop, paling ngefans sama Jimin BTS. Tapi, sama Mama aku dilarang ngefans sama penyanyi Korea. Kata Mama karena aku masih kecil. Padahal, kalau belajar sambil mendengarkan musik K-pop, aku jadi semakin semangat. Bagaimana ya menjelaskan ke Mama? Terima kasih. Tania, Kelas 5 – Depok

Jawaban dokter Anggia:
Halo Tania, pertanyaanmu menarik sekali. Memiliki tokoh idola itu boleh-boleh saja. Selama tokoh idolamu tersebut memberikan dampak yang positif. Seperti yang Tania sebutkan, Tania jadi lebih semangat belajar ketika mendengarkan lagu-lagu BTS. Tapi memang ada beberapa orangtua yang kurang setuju jika anaknya mengidolakan publik figur. Salah satu alasannya adalah seperti Mamanya Tania yaitu karena melihat usia Tania yang masih kecil.

Tania bisa jelaskan ke Mama, alasan kuat Tania menyukai Jimin BTS. Tania juga bisa ceritakan ke Mama, siapa itu Jimin BTS, seperti prestasi-prestasinya, sifatnya yang ramah atau kebaikan-kebaikan lainnya. Bisa jadi dengan ‘mengenalkan’ sosok Jimin BTS, Mama jadi membolehkan Tania ngefans dengan Jimin BTS. Tapi, yang perlu diingat oleh Tania adalah ketika menyukai tokoh idola adalah sewajarnya saja, jangan berlebihan. Dan, tirulah hal-hal positifnya saja, jika ada hal negatif dari sang tokoh idola, jangan diikuti. Semoga menjawab ya, Tania.

Konsultan:

dr. Anggia Hapsari, Sp.KJ (K)
Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Konsultan Psikiatri Anak & Remaja
RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, Tangerang

(Ilustrator : Agung)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *