Narwhal, ikan berukuran besar ini termasuk dalam jenis ikan paus putih. Ikan ini memiliki keunikan berupa tanduk panjang runcing seperti Unicorn. Narwhal hidup sepanjang tahun di bawah lapisan es Kutub Utara.

Ternyata, tanduk atau gading yang tumbuh pada ikan Narwhal merupakan gigi yang mencuat keluar. Fungsinya untuk berburu dan mempertahankan diri dari pemangsa.

Tanduk tersebut berbeda antara tanduk perempuan dengan tanduk laki-laki. Narwhal laki-laki memiliki tanduk yang panjang dan melintir. Sedangkan Narwhal perempuan, tanduknya lebih pendek dan polos. Tanduk atau gading ikan ini bisa mencapai panjang 3 meter dengan berat hingga 10 kilogram.

Nama Lain

Narwhal memiliki nama-nama lain yang berbeda di setiap negara. Yaitu Narhval, Paus Moon, dan Remfish. Nama Narwhal sendiri berasal dari Norse Lama Nar yang berarti mayat.

Diumpamakan mayat karena ukurannya yang besar, berada di bawah lapisan es Kutub Utara, serta warnanya yang abu-abu berbintik. Dari kejauhan layaknya pelaut yang tenggelam dan terkubur di bawah lapisan es.

Habitat

Habitat atau tempat hidup Narwhal berada di sekitar Artik Kanada dan Greenland. Orang-orang Greenland Utara sering memburu mereka untuk dikonsumsi dagingnya dan juga dimanfaatkan tulang serta tanduknya.

Saat ini, populasi ikan paus bertanduk ini diperkirakan sekitar 75.000 ekor yang banyak terkonsentrasi di Fjord dan Inlet di Kanada Utara serta Greenland. Jika teman-teman pergi ke Greenland, mungkin ada kesempatan bertemu dengan ikan unicorn Kutub Utara ini. (JFK/Nov)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *