Siapa yang kalau minum masih pakai sedotan? Jangan lagi, ya, Kids! Yuk, jangan gunakan sedotan mulai sekarang!

Sampah plastik yang salah satunya adalah sampah sedotan, merupakan sampah yang sulit diuraikan, Kids. Membutuhkan waktu 500-1.000 tahun, lho, untuk benar-benar terurai. Tak heran kalau sampah plastik menjadi masalah serius hingga di dunia internasional, karena bisa mencemari lingkungan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Untuk bisa ikut ambil bagian dalam memecahkan masalah sampah plastik ini, McDonald’s Indonesia yang merupakan restoran cepat saji dengan gerai terbanyak (189 gerai), memulai gerakan  #Mulaitanpasedotan di seluruh gerainya di Indonesia. Mulai sekarang, mereka  tidak lagi menyediakan dispenser sedotan plastik.

“Kami juga ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk membantu menjaga lingkungan, dengan tidak menggunakan sedotan plastik,” tandas Ibu Sutji Lantyka, Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia. “Ke depannya, kami akan terus menggunakan lebih banyak bahan ramah lingkungan untuk kemasan yang digunakan di seluruh gerai, demi meminimalkan penggunaan dan sampah plastik. Nantinya, 100% perlengkapan yang digunakan oleh konsumen terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan, dapat didaur ulang, atau bersertifikasi pada tahun 2025 dan kami akan mendaur ulang perlengkapan makan konsumen di 100% restoran McDonald’s secara global,” tambah Ibu Yunita Hidayanti, Associate Director of Brand Extension McDonald’s Indonesia.

Menurut Bapak Novrizal Tahar, Direktur Pengelolaan Sampah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Sampah dan Bahan Berbahaya dan Beracun, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, sekitar 80% masyarakat Indonesia masih belum peduli terhadap sampah plastik ini. “Padahal sampah plastik ini sangat berbahaya karena bisa mengganggu ekosistem lingkungan. Dari sedotan saja sudah menyumbang sampah sehari 500 juta batang. Ini merupakan masalah yang serius. Untuk itulah kami sangat mengapresiasi dan mendukung penuh inisiatif McDonald’s Indonesia untuk mengurangi sampah plastik dengan tidak lagi menyediakan sedotan plastik di seluruh gerainya. Kami berharap gerakan ini akan menginspirasi perusahaan lain untuk melakukan hal yang serupa,” katanya.

Sedotan Berbahan Alumunium Foil

Nah, kalian yang masih belum bisa minum tanpa sedotan, ada solusinya, nih. Kalian bisa menggunakan sedotan yang bisa berulang kali dipakai. Terbuat dari bahan alumunium foil (seperti bahan sendok dan garpu). Sekarang, sudah banyak dijual, kok, Kids. Ada sikat pembersihnya juga, jadi mudah untuk membersihkannya. Yuk, peduli lingkungan dimulai dengan langkah sederhana yaitu tidak menggunakan sedotan plastik lagi!

Foto: Istimewa, Novi

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *