Jenius Luncurkan Moneytory, Fitur Baru untuk Cash Flow yang Lebih Simpel

“Duh, perasaan bulan ini pengeluaran gede banget, ya? Untuk apa aja ya, kok jadi membengkak begini pengeluarannya?” Moms pernah mengeluh begitu? Saking penasaran, bongkar-bongkar struk yang dikumpulkan di laci. Terus, sibuk mengingat-ingat transaksi yang dilakukan bulan itu. Tetap saja, jawabannya tak memuaskan.

Yups, hal ini bisa jadi pernah dialami setiap orang. Dalam mengatur keuangan, salah satu hal penting untuk dilakukan adalah mencatat dan mengelola cash flow dengan baik. Sayangnya, nggak semua orang telaten melakukannya. Daripada bertanya-tanya kenapa tiap habis gajian merasa uang di rekening cepat sekali berkurang, kenapa impian belum juga terwujud karena tabungan belum cukup akibat dihabiskan belanja hal-hal yang tak perlu, mulai yuk Moms mencatat dan mengelola cash flow dari sekarang! Biar tahu nih, Moms termasuk tipe yang mana. Apakah rajin (orderly), berantakan (chaos), atau di tengah-tengahnya (moderate)?

Nah, ada kabar baik. Untuk membantu masyarakat memulai mengatur dan mengelola cash flow, Jenius, solusi life finance dari Bank BTPN, meluncurkan inovasi fitur terbaru yaitu Moneytory. Fitur ini membantu masyarakat digital savvy seperti Moms untuk mengelola cash flow dengan lebih simpel melalui pencatatan pengeluaran dan pemasukan secara otomatis melalui aplikasi Jenius.

Moneytory mencatat pemasukan dan pengeluaran dari transaksi uang masuk dan uang keluar di Saldo Aktif dan Kartu Debit Utama (m-Card). Selain itu, pengguna juga bisa mengetahui ringkasan kondisi finansial secara jelas, mulai dari berapa jumlah pemasukan/pengeluaran, berapa selisih di antara keduanya, dan melihat grafik pengeluaran dengan mudah berdasarkan tanggal dan nominalnya.

Untuk mewujudkan kondisi finansial yang sehat, hal mendasar yang perlu dilakukan adalah mengetahui cash flow yang dimulai dengan pencatatan finansial. “Moneytory hadir sebagai personal financial management tool yang membantu pengguna mencatat pengeluaran dan pemasukan secara otomatis melalui aplikasi Jenius. Fitur ini kami kembangkan berdasarkan masukan dan feedback dari proses kokreasi dan kolaborasi dengan masyarakat digital savvy Indonesia,” ucap Irwan Tisnabudi, Digital Banking Head Bank BTPN.

Irwan Tisnabudi, Digital Banking Head Bank BTPN (tengah) dan Jonatahn End, #temanjenius dan content creator dalam acara peluncuran Fitur Moneytory dari Jenius yang dilangsungkan secara virtual, Kamis (25/06)

Apalagi, berdasarkan polling yang dilakukan oleh Jenius melalui Instagram Story dan diikuti oleh 2.619 responden, ditemukan bahwa 6 dari 10 orang mengaku tidak terbiasa mencatat cash flow pribadinya. Alasannya beragam, mulai dari malas/ribet (40,5%), lupa (31%), bingung/tidak terbiasa (16,1%), belum menemukan cara yang efektif (6,3%), dan merasa tidak punya cukup waktu untuk melakukan pencatatan finansial (3,9%).

Terdapat dua informasi utama pada fitur Moneytory yaitu pemasukan dan pengeluaran. Pada halaman utama Moneytory, pengguna bisa melihat jumlah total pemasukan dan pengeluaran beserta diagram persentase sesuai kategorinya, jumlah selisih antara pemasukan dan pengeluaran, serta highlights berisi tren pengeluaran yang menampilkan grafik pengeluaran sesuai tanggal juga nominalnya.

Setiap transaksi online dan offline yang pengguna lakukan dengan Saldo Aktif dan m-Card secara otomatis akan mengubah data pengeluaran di Moneytory sesuai kategorinya. Mulai dari transfer uang, top up e-Wallet, bayar tagihan, transaksi offline di restoran/butik/supermarket, transaksi online di marketplace/App Store/Google Play, semua tercatat secara otomatis. Jika transaksi pengguna belum sesuai kategori yang ada, datanya akan tercatat ke bagian Belum Terkategori dan pengguna bisa langsung menyesuaikannya.

Jonatahn End, #temanjenius dan content creator, berbagi pengalamannya menggunakan fitur Moneytory. Ia sebenarnya tipikal yang rajin  mencatat pemasukan dan pengeluaran rutin. Dan, dengan adanya fitur Moneytory dari Jenius, tentunya ia semakin dimudahkan. “Fitur ini memudahkan saya untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran secara otomatis langsung di Jenius tanpa perlu berpindah aplikasi. Saya juga bisa melihat langsung ringkasan pengeluaran apa saja yang saya lakukan berdasarkan periode tertentu yang sudah dikategorikan,” katanya.

Dengan begitu, ia bisa mengetahui jelas kemana saja uangnya dihabiskan. “Pengelolaan cash flow saya jadilebih simpel dan cerdas. Nggak ada alasan malas lagi untuk mencatat finansial,” ungkap Jonathan.

Selama empat tahun ini, Jenius mengembangkan fitur-fitur revolusioner dari hasil kokreasi dan kolaborasi dengan masyarakat digital savvy Indonesia, antara lain Flexi Cash, Jenius untuk Bisnis, Pilihan Saldo Mata Uang Asing, dan yang terbaru adalah Moneytory. “Sebagai salah satu pelopor solusi life finance dan perbankan digital di Indonesia, Jenius berkomitmen untuk terus berinovasi melalui proses kolaborasi dan kokreasi dalam menyediakan fitur-fitur yang relevan sesuai dengan kebutuhan masyarakat digital savvy Indonesia yang terus berkembang,” ujar Irwan.

Nah, tak ada kata terlambat untuk mengelola keuangan. Dengan memiliki catatan keuangan yang sehat, Moms dan Dads bisa lebih terarah dalam mengatur anggaran untuk pendidikan anak, cicilan rumah atau mobil, dana darurat, belanja bulanan ataupun menabung untuk mewujudkan impian, misalnya memberangkatkan orangtua untuk naik Haji. Kalau belum punya Jenius untuk membantu mengelola cash flow, Moms bisa Download dan aktivasi sekarang untuk merasakan manfaat fitur Moneytory.

(Foto: Ist)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *