Seperti Moms tahu, saat ini telah berlangsung Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di beberapa level pendidikan dan di berbagai wilayah Indonesia dengan syarat mematuhi protokol kesehatan. Memahami anjuran PTM, para orangtua pun diminta membantu dalam persiapan diri anak, mulai kesiapan mental hingga perlengkapan sekolah.

Nah, untuk mengajak para orangtua mendukung momen pertama belajar bagi anak, Mothercare dan Modern Parent berkolaborasi dengan Skip Hop dan Montessori Haus Asia menggelar webinar  Super Bekal (Serunya Pertama Belajar dan Saling Kenal) hari ini (08/07) secara virtual.

Ingga Gloriana, General Marketing Manager Mothercare Indonesia mengungkapkan, tidak sekadar hanya menyediakan perlengkapan sekolah, bersama Skip Hop, pihaknya ingin memberikan pesan melalui webinar Super Bekal betapa pentingnya peran serta orangtua untuk turun tangan memenuhi kebutuhan pertama anak saat akan masuk sekolah, bertemu dengan orang-orang serta lingkungan baru.

Ingga Gloriana, General Marketing Manager Mothercare Indonesia

“Bekerja sama dengan Montessori Haus Asia, Mothercare mengajak para orangtua mengetahui tentang usia ideal anak untuk sekolah, tips mencari sekolah yang tepat, serta bagaimana membuat anak nyaman bersekolah baik secara pembelajaran tatap muka di sekolah atau online,” buka Ingga.

Pertimbangan Memilih Sekolah

Hal senada disampaikan oleh Ms. Rosalyn Tamara, S.Sn, Dipl. Montessori, Penulis, Pendiri, Direktris Akademi MHA. “Peran orangtua merupakan kunci yang perlu anak bawa saat akan bersekolah, mulai dari bagaimana mereka memilihkan sekolah bagi anak, mempersiapkan diri anak seperti perlengkapan yang sesuai, agar anak-anak tidak takut untuk bertemu dengan wajah-wajah serta lingkungan baru di luar keluarga. Sama seperti orang dewasa, pertemuan pertama yang mengesankan akan membentuk mood yang baik dan berkelanjutan untuk dijalankan, begitu pula bagi anak-anak saat hendak pertama kali masuk sekolah dan bersapa dengan teman-teman sebayanya, sehingga orangtua perlu dengan optimal menyiapkan yang anak butuhkan,” katanya.

Ms. Rosalyn Tamara, S.Sn, Dipl. Montessori, Penulis, Pendiri, Direktris Akademi MHA

Lebih lanjut, Ms. Rosalyn mengatakan, semakin dini anak memperoleh pendidikan, maka akan semakin baik. “Sekarang ini bahkan sudah banyak sekolah yang menerima anak murid mulai usia 1,5 tahun,” ucapnya.  Tak lupa ia memberikan tips agar orangtua tak sembarangan memilih sekolah yang terbaik untuk anak. “Ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan. Antara lain, adanya kesamaan value antara orangtua dengan sekolah, faktor jarak dari rumah ke sekolah, hingga kenyamanan yang tampak dari suasana atau atmosfer sekolah itu sendiri, apakah cocok di hati orangtua atau tidak,” ucap Ms. Rosalyn.

Cara Agar Orangtua Tenang

Bisa dimaklumi, jika sebagian orangtua merasa was-was melepas anak kembali belajar tatap muka di sekolah, setelah 2 tahun lebih belajar online. “Terutama bagi orangtua baru yang pertama kali melepas anak belajar di sekolah. Mereka suka deg-degan karena kan anak masih kecil. Setelah 2 tahun di rumah saja, kini anak mulai ketemu lagi dengan orang lain di satu ruangan. Di sisi lain, ini juga merupakan momen yang dinanti-nantikan,” katanya.

Untuk itu, Ms. Rosalyn mengatakan, tak hanya anak, orangtua juga perlu mempersiapkan dirinya secara mental agar tenang melepas anak ke sekolah.

Kevin Liliana, seorang public figure

Menanggapi hal ini, Kevin Liliana, seorang public figure sekaligus ibu dari seorang putri berusia batita bernama Sera. Mom Kevin mengakui melakukan beberapa hal sehingga ia nantinya bisa tenang saat melepas si kecil belajar tatap muka di sekolah.

“Mulai dari sekarang, saya sudah survei beberapa sekolah yang saya jadikan pilihan. Dari sana, saya filter lagi dengan memperhatikan beberapa pertimbangan seperti jarak dari rumah ke sekolah. Saya juga aktif mencari informasi, termasuk dari kenalan saya yang anaknya sudah pernah sekolah di sana. Atau bertanya langsung kepada guru sekolah di sana sehingga punya gambaran tentang kegiatan belajar mengajar serta bermain di sekolah tersebut,” papar Mom Kevin.

Tak lupa, Ms. Rosalyn mengajak orangtua untuk proaktif mengedukasi anak agar taat prokes ketika di sekolah. “Ajarkan si kecil untuk memakai masker. Berikan ia masker ukuran kecil, ajak ia mengenakan masker sendiri dan jelaskan mengapa perlu memakai masker. Lalu, ajarkan pula cara mencuci tangan dengan baik dan benar dengan cara mempraktikkannya bersama anak di rumah,” sarannya.

Edisi Back to School

Dalam kesempatan tersebut, Mothercare turut menyediakan tas sekolah dan peralatan makan untuk bekal anak sekolah dari Skip Hop yang bisa didapatkan di seluruh gerai, website, dan berbagai e-commerce Mothercare.

Menghadirkan Zoo collection, semua produk Skip Hop dibuat dengan desain yang lucu serta dengan mengutamakan fungsinya untuk si kecil. Hadir dengan berbagai macam karakter yang unik, Skip Hop memberikan kebebasan si kecil untuk memilih karakter favoritnya mulai Darby the Dog, Eureka the Unicorn, Blossom the Butterfly dan masih banyak lagi yang siap menemani si kecil sekolah.

“Sera saat ini memang masih berusia toddler, tapi sudah banyak sekali pengetahuan yang aku dapatkan saat merawatnya, apalagi Sera sudah semakin dekat memasuki masa preschool, aku wajib banget memperhatikan kebutuhan sekolahnya, ditambah pandemi masih berlangsung. Aku mau menanamkan kesan seru untuk pertama kali mulai belajar, bertemu teman-teman baru, guru-guru, serta rutinitas yang berbeda dari di rumah. Sebagai ibu, aku senang ketika kebutuhanku terbantu lewat Mothercare, aku bisa mencari segala kebutuhan anakku, termasuk persiapan anak pertama kali bersekolah. Aku bisa ajak Sera memilih tas sekolah dan tempat makan untuk ia bawa nantinya, gambarnya yang lucu dan warna-warni bervariasi, bisa menambah semangat Sera nih saat memakainya,” imbuh Mom Kevin.

“Kali ini, di situasi pandemi, Mothercare senang bisa kembali lebih piawai dengan rangkaian produk dan inovasi baru, bahkan beberapa produk hanya dijual secara eksklusif di Mothercare seperti beberapa seri Skip Hop Zoo. Selama musim Back-to-School ini, kami ingin memastikan bahwa Mothercare siap mendukung semua orangtua dan anak-anak dengan hal-hal keren yang bisa dijumpai di Mothercare,” tutup Ingga.

Foto: Efa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *