BincangShopee 8.8 Pesta Diskon Supermarket

Jujur deh Moms, pernahkah alami kelebihan stok bahan makanan, atau tersimpan lama sekali di kulkas sehingga ujung-ujungnya terpaksa dibuang karena sudah nggak segar atau kedaluwarsa?

Selain kerugian berbelanja, rasanya sayang sekali bukan menyia-nyiakan bahan makanan? Agar kejadian serupa tak terulang, penting sekali untuk cermat menyimpan, mengatur, hingga mengelola bahan makanan dengan teliti.

Seperti yang ditegaskan oleh Celebrity Chef, Devina Hermawan, salah satu kunci menjaga kualitas bahan makanan adalah faktor penyimpanan. “Manajemen penyimpanan selalu menjadi tantangan tersendiri yang seringkali dihadapi. Tentunya berbagai cara dan faktor perlu diperhatikan dengan cermat demi menjaga kualitas kesegaran bahan dan meminimalisir kerugian belanja,” ujarnya dalam acara BincangShopee 8.8 Pesta Diskon Supermarket: “Bahan Makanan Tetap Segar, Solusi Penyimpanan Pintar” yang berlangsung secara virtual, Selasa (26/07).

Ketika berbelanja di supermarket, kebanyakan ibu-ibu akan membeli kebutuhan bahan dapur dalam jumlah banyak sekaligus. Tapi yang kerap terlupakan, masing-masing bahan makanan itu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Sehingga selalu ada komponen-komponen khusus dalam setiap metode penyimpanannya, baik itu makanan segar, makanan siap saji, hingga bahan makanan pendukung lainnya.

(atas – bawah) Melly Oliviani, Owner of Nyakrek Baso Aci dan Devina Hermawan, Celebrity Chef berbagi kiat solusi penyimpanan pintar agar bahan makanan tetap segar

Dalam BincangShopee 8.8 Pesta Diskon Supermarket tersebut, Chef Devina berbagi tips dan trik menjaga kesegaran bahan makanan, antara lain:

  1. Buatlah Rencana Belanja Mingguan atau Bulanan Secara Baik dan Bijak

“Ini hal yang paling penting. Bikin list atau daftar skala prioritas, rencanakan kebutuhan utama apa saja yang diperlukan, produk apa saja yang dapat di beli di bulan berikutnya, dan kombinasikan jenis bahan makanan segar dengan jenis bahan makanan jangka panjang sebagai cadangan. Jadi, jika sewaktu-waktu kehabisan bahan makanan segar, selalu terdapat persediaan cadangan sebagai solusi efektif,” imbuh Chef Devina

  1. Kelola Posisi Penempatan dan Suhu yang Sesuai Karakteristik

Selalu ingat, tak semua bahan makanan dapat disimpan di lemari pendingin. Begitu pula, tak  semua bahan makanan dapat disimpan pada rak atau lemari dapur. Intinya ketahui terlebih dahulu karakter masing-masing bahan yang ingin disimpan. Caranya?

–  Bagi olahan daging dan bahan makanan yang basah lainnya, gunakanlah wadah makanan kedap udara untuk mencegah kontaminasi silang. Demi menjaga kesegaran simpan pada bagian freezer kulkas dan beri jarak satu dan lainnya agar udara bisa bersirkulasi dengan baik.

– Ketika menyimpan bahan segar di kulkas, usahakan selalu dalam keadaan kering dan simpan dalam box/plastik yang terpisah. Kemudian, alasi wadah sayuran dan buah dengan tisu dapur atau handuk guna membantu menyerap kelembapan ketika suhu dingin di dalam kulkas. Melalui metode ini, membantu menjaga kualitas agar tidak cepat layu dan bertahan lama.

– Trik berikutnya, pisahkan bahan makanan yang memiliki aroma khusus dengan yang lainnya. Kemudian, pahami juga jenis buah seperti alpukat, pisang dan produk makanan lainnya semacam roti dan keripik yang justru tidak tahan lama jika diletakkan di kulkas, namun cukup di udara terbuka.

  1. Mengatur Stok dengan Pencatatan yang Teliti

Biasakan melakukan pencatatan saat barang hendak disimpan dan perhatikan tanggal kadaluwarsa pada makanan kaleng maupun siap saji. Selanjutnya terapkan sistem First in First Out yakni barang yang pertama masuk adalah barang yang pertama digunakan, hal ini membantu kita dalam mengurangi stok lama yang masih tersimpan. Selain itu, ketika hendak memasak, gunakan stok bahan secara bijak dan keluarkan secukupnya agar terhindar dari pembekuan berulang-ulang.

  1. Kualitas Terjaga, Utamakan Kebersihan 

Tips terakhir yang tak kalah penting, selalu pastikan  dan jaga kebersihan dapur, lemari penyimpanan, dan kulkas secara rutin, termasuk memantau kebersihan wadah penyimpanan. Tujuannya agar kualitas bahan makanan, rasa, dan warna tetap baik, serta aman dari hewan pengerat, serangga dan lainnya.

Acara BincangShopee 8.8 Pesta Diskon Supermarket turut dihadiri pula oleh Melly Oliviani, Owner of Nyakrek Baso Aci, produk makanan rumahan kemasan yang dipadukan dengan bumbu rempah yang otentik. “Kami menawarkan pilihan makanan yang bisa disimpan lama seperti produk makanan Baso Aci instan yang dapat disimpan hingga dua minggu dalam freezer, serta makanan kering keripik yang bisa bertahan hingga dua bulan pada suhu ruangan,” ungkap Melly Oliviani, Owner of Nyakrek Baso Aci. 

Nah, jika Moms ingin berbelanja kebutuhan bahan dapur, Anda bisa memanfaatkan promo – promo menarik yang ditawarkan kampanye Shopee 8.8 Pesta Diskon Supermarket, mulai dari Gratis Ongkir Semua Toko, Beli 2 Pasti Diskon 50%, hingga Tebus Murah 5 Ribu. Promo ini dapat dinikmati hingga 8 Agustus 2022 mendatang. Sehabis berbelanja, jangan lupa untuk menerapkan cara mengelola bahan makanan agar tetap segar ya, Moms.

Happy shopping!

Foto: Efa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *