“Mommyclopedia- 78 Resep MPASI”, Panduan Praktis Sajikan MPASI yang Tepat untuk Anak

Setelah sukses dengan buku sebelumnya yang berjudul “567 Fakta tentang MPASI”, penerbit Gramedia Pustaka Utama kembali meluncurkan buku lanjutan dari seri Mommyclopedia karya dr. Meta Hanindita, Sp.A.(K), berjudul Mommyclopedia: 78 Resep MPASI.

Acara peluncuran yang dilakukan secara virtual pada hari Sabtu (27/6) ini menghadirkan penulisnya langsung, yakni dr. Meta Hanindita, Sp.A.(K) dan Ibu Prasasti Budiyanto selaku Editor Senior Bidang Nonfiksi Gramedia Pustaka Utama, yang berbagi cerita mengenai proses pembuatan buku, sekaligus talkhow edukasi MPASI oleh dr. Meta secara daring di hadapan peserta yang mayoritas adalah para Mama dan Papa yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia, bahkan hingga Jayapura di Papua.

Buku dengan tebal 144 halaman ini tampil dengan full colour yang menarik serta dilengkapi resep pembuatan yang mudah diikuti. Diakui oleh dr. Meta, proses pembuatan ini kurang lebih setahun. Ia, mengaku belajar memasak dahulu sebelum menulis resep. “Saya lihat antusiasmenya besar sekali dari ibu-ibu dan Bapak-bapak, rasanya tak sia-sia selama ini kulit kena minyak, atau tangan teriris pisau, hehe…” candanya.

Bagi Moms yang masih memiliki bayi atau balita, pasti tahu pasti betapa pentingnya fase MPASI (makanan pendamping ASI), bukan? Namun, terkadang suka bingung ya, Moms, menu apa yang tepat untuk si buah hati sesuai perkembangan usianya. Jangan sampai kita memberikan asupan yang tidak bergizi yang akhirnya berimbas pada pertumbuhan dan perkembangan si buah hati.

Apalagi, menurut dr. Meta, beberapa penelitian menunjukkan fase kritis terjadinya malnutrisi adalah saat peralihan dari ASI menjadi MPASI. Oleh karena itu, para orangtua dan pengasuh bayi wajib dan penting sekali mendapatkan edukasi yang tepat mengenai praktik pemberian nutrisi optimal.

MPASI harus diberikan saat ASI saja sudah tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi bayi. Selama periode MPASI, seorang bayi secara perlahan dilatih agar kelak dapat mengonsumsi makanan keluarga. Masa transisi dari ASI eksklusif sampai makanan keluarga ini terjadi saat bayi berusia sekitar 6−23 bulan. Periode ini adalah masa kritis untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal bayi.

Pilihan MPASI terbaik, katanya, adalah MPASI rumahan buatan sendiri yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi dan anak, baik dari zat gizi makro seperti karbohidrat, lemak, dan protein, maupun zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral. “Buku ini memuat beberapa contoh menu MPASI rumahan dengan bahan-bahan yang tersedia secara lokal dan harga yang terjangkau,” tambah dokter yang meraih gelar spesialis anak serta konsultan di bidang Nutrisi dan Penyakit Metabolik dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya ini.

Adapun resep yang disajikan dalam buku ini antara lain adalah bubur opor ayam, bubur udang tahu, tim semur daging tempe, tim cah ikan kembung, makaroni keju, siomay udang ayam, bitterbalen, nasi ayam katsu, nasi bakar tuna, mi tek-tek, dan agar-agar buah. Tak hanya resep makanan utama, dr. Meta juga menyertakan beberapa resep camilan anak, dengan pembagian kategori untuk anak berumur 6−8 bulan, 9−11 bulan, dan 12−23 bulan.

Dengan membaca buku resep ini, Moms atau Dads bisa mengetahui contoh besar seberapa banyak porsi bahan makanan yang perlu diberikan kepada bayi dan anak sesuai usianya. Tercantum pula  informasi kandungan per porsi agar orangtua dan para  pengasuh anak dapat memperkirakan cukup tidaknya makanan tersebut untuk memenuhi kebutuhan bayi. Jangan khawatir, resep ini tak kaku, kok. Moms tetap dapat memodifikasi menu MPASI menggunakan bahan makanan sejenis yang tersedia.

“Kami senang dapat terus memberikan dukungan kepada dr. Meta untuk menyebarluaskan ilmu parenting yang bermanfaat lewat buku-buku Mommyclopedia. Semoga apa yang kami terbitkan ini dapat membantu para orangtua dan pengasuh anak agar lebih percaya diri dan bebas galau dalam membesarkan buah hatinya,” tutur Ibu Prasasti Budiyanto.

Buku “Mommyclopedia: 78 Resep MPASI” ini adalah buku kelima yang diterbitkan PT Gramedia Pustaka Utama dan merupakan buku dr. Meta yang ke-10. Empat seri Mommyclopedia sebelumnya, yaitu Panduan Lengkap Merawat Bayi (0-1 Tahun), Panduan Lengkap Merawat Batita, Tanya Jawab Tentang Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak, serta 567 Fakta tentang MPASI telah menjadi bestseller di berbagai toko buku dan toko buku online.

Mengikuti jejak tersebut, buku Mommyclopedia: 78 Resep MPASI juga berhasil mencatatkan prestasi dengan menembus angka penjualan lebih dari 30.000 eksemplar hanya dalam waktu tiga minggu sejak diterbitkan. Moms dan Dads bisa mendapatkan buku ini dengan harga Rp. 110.000,-

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *