Kabar gembira bagi para penggemar animasi, nih, Kids. Baru-baru ini, Yayasan Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) mengadakan Animation Festival Unikom atau ANIFESTKOM 2019, bekerja sama dengan BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif). ANIFESTKOM adalah sebuah festival animasi yang dilakukan UNIKOM sebagai wadah berkumpulnya para penggiat animasi seperti akademisi, praktisi, industri, dan komunitas untuk saling bertukar informasi. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 27-29 Juni 2019 di UNIKOM, Bandung.

ANIFESTKOM memiliki empat rangkaian kegiatan, yaitu seminar animasi, diskusi film animasi, master class, dan Indonesia Reallusion Awards (IRA) 2019. Tahun ini ANIFESTKOM mengangkat tema tentang “ANIMASI MILENIAL” dimana karakter animasi saat ini sudah menjadi bagian dari para milenial untuk dijadikan influencer. Oleh karena itu, pembicara yang hadir dalam rangkaian kegiatan ANIFESTKOM 2019 juga merupakan para pemilik IP yang karakternya telah menjadi influencer di berbagai platform sosial media seperti KIKO, Si JUKI, Om Perlente, dan Adit Sopo Jarwo.

Selain diskusi dan seminar, ANIFESTKOM juga mengadakan kompetisi yaitu Indonesia Reallusion Awards (IRA) 2019. IRA adalah kompetisi pembuatan animasi pre visualisasi tingkat nasional yang diikuti oleh perguruan tinggi di seluruh Indonesia. “Pada kompetisi ini, sebanyak 25 tim dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia ditandingkan selama 48 jam untuk memperebutkan gelar 3 besar animasi terbaik,” ujar Kak Robby Ul Pratama, ketua pelaksana ANIFESTKOM 2019.

MNC Games dan MNC Animation pun mendukung penuh aktivitas positif ANIFESTKOM, karena acara seperti ini bisa menjadi wadah untuk bertukar pikiran, pengalaman, dan informasi di bidang Animasi. Bahkan dapat membangun kerja sama antara Akademisi dengan Industri untuk menciptakan sumber daya manusia di bidang Animasi.

Kak Albertus Agung yang biasa disapa “AG” dari MNC Games, menjadi salah satu pembicara dalam seminar yang diadakan pada hari kedua. Mengangkat tema “KIKO From Animation To Games”, Kak AG  menceritakan bagaimana perjalanan awal KIKO sebagai tokoh animasi, menjadi sebuah game. Selain itu, Kak AG juga menjadi juri di Indonesia Reallusion Awards 2019. “Berkarir dalam industri animasi merupakan impian sebagian besar orang di bidang kreatif. Semoga sharing pengalaman kami dalam Animasi dan Game dapat memberikan inspirasi positif untuk teman-teman dalam industri ini,” tutur Kak Albertus Agung, pembicara sekaligus juri pada Indonesia Reallusion Awards 2019, perwakilan dari MNC Games.

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *