Tanya : Halo namaku Gemma, usiaku 12 tahun. Kapan waktu yang tepat untuk minum vitamin, pagi hari saat sarapan atau malam hari sebelum tidur? Aku biasanya pagi hari, tetapi kata kakakku lebih baik malam hari, aku jadi bingung nih. Tolong dijelaskan ya, Dokter. Terima kasih. Gemma, Kelas 6 SD – Bandung

Jawaban dokter Putu:
Halo, Gemma. Senang sekali Gemma sudah punya kepedulian yang baik tentang kecukupan nutrisi dan cara yang tepat untuk minum obat dan vitamin walaupun Gemma masih duduk di sekolah dasar. Gemma benar, memang suplemen atau vitamin tambahan biasanya punya waktu terbaik untuk dikonsumsi. Tidak hanya dibedakan pagi atau malam, tetapi juga sebelum, sesudah, atau bersama makanan.
Sangat penting untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi berbagai jenis vitamin. Misalnya vitamin B biasanya baik diminum pagi hari, vitamin D biasanya baik dimakan setelah atau bersama makanan, dan lainnya. Informasi mengenai suplemen ini dapat Gemma temukan di label vitamin yang biasanya terletak di belakang produk vitamin yang Gemma konsumsi. Gemma dapat ajak Papa dan Mama untuk membaca label ini bersama-sama.
Lalu, apakah berbahaya jika ternyata selama ini Gemma atau Kakak Gemma mengonsumsinya pada waktu yang kurang tepat? Biasanya tidak berbahaya kok, tetapi mungkin efeknya tidak seoptimal apabila diminum pada waktunya. Oh ya, jangan lupa, tetap yang utama adalah Gemma selalu mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan dengan variasi makanan yang baik. Vitamin dan mineral yang Gemma butuhkan sudah terkandung di dalam makanan kita sehari-hari, lho.

Konsultan: 

dr. A. A. A. Putu Indah Pratiwi, Sp.A
Dokter Spesialis Anak
RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

(Ilustrasi : Agung)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *