Tanya: Halo namaku Mila, usiaku 11 tahun. Dokter, mana yang paling tepat, minum air putih itu sebelum atau sesudah makan? Benarkah kalau minum air putih sebelum makan, akan membuat perut cepat kenyang? Mila, Kelas 5 – Bekasi

Jawaban dokter Ellen:
Halo Mila, baik air putih maupun makanan, memerlukan waktu untuk diserap oleh saluran cerna. Jika minum terlalu banyak sesaat sebelum makan, maka perut dapat terasa penuh karena air masih dalam proses penyerapan. Nantinya akan mengakibatkan makan dalam jumlah yang lebih sedikit. Sebaliknya, jika langsung minum air dalam jumlah banyak sesaat setelah makan, maka dapat meningkatkan risiko muntah karena makanan masih belum terserap secara sempurna. Oleh karena itu, antara waktu minum dan makan, perlu diberi jarak sekitar 30 menit. Namun jika Mila mengalami rasa haus di tengah makan, boleh minum air putih secukupnya saja.
Rasa haus sendiri merupakan salah satu sinyal dari tubuh bahwa tubuh memerlukan cairan tambahan. Minumlah air dalam jumlah cukup (1,5 liter per hari atau sekitar 7-8 gelas). Anak yang mengonsumsi cukup air, akan memiliki kemampuan konsentrasi dan performa yang lebih baik. Sebaiknya konsumsi air putih yang tidak mengandung gula ataupun kalori sehingga tidak meningkatkan risiko kegemukan atau obesitas.

Konsultan : 

dr.Ellen Wijaya, Sp.A
Dokter Spesialis Anak
RS Pondok Indah – Puri Indah, Jakarta Selatan

(Ilustrasi : Agung)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *