Amerika serikat boleh berbangga dengan festival bunga Pasadena-nya. Tapi, Indonesia juga nggak kalah, Kids. Di Tomohon, Sulawesi Utara, ada Festival Bunga Internasional. Peserta festival ini tidak hanya berasal dari daerah di Indonesia saja. Tapi juga dari negara-negara lain.

Parade Kendaraan Hias

Festival Bunga Internasional Tomohon berlangsung pada 8-12 Agustus 2015 lalu. Salah satu kegiatan menarik di festival ini adalah Tournament of Flower atau parade kendaraan hias. Ada 10 negara yang menjadi peserta parade bunga, di antaranya adalah Amerika Serikat, Perancis, India, Filipina, Selandia Baru, Polandia, dan lainnya.

Tiap kendaraan dihias dengan aneka warna-warni bunga yang indah. Kendaraan hias asal Perancis menampilkan hiasan bunga berbentuk menara Eiffel. Sedangkan India menampilkan bangunan Taj Mahal dari bunga. Dari Indonesia? Wah, lebih indah, dong, karena 20 daerah di Indonesia menampilkan ciri khasnya masing-masing.

Kota Penghasil Bunga

Mungkin kalian nggak banyak tahu tentang Tomohon. Kota ini adalah daerah subur di lereng Gunung Lokon. Jaraknya sekitar 22 km dari pusat kota Manado, Sulawesi Utara. Tomohon terkenal sebagai penghasil bunga. Pantas saja Tomohon punya slogan ‘Menyapa Dunia dengan Bunga’.

Oh iya, selain dikenal sebagai penghasil bunga yang indah, Tomohon juga punya objek wisata andalan, lho. Ada danau Linow, air terjun Pinaras, perkampungan bunga, hutan wisata Lahendong, dan masih banyak lainnya. Jadi, kalau kamu penyuka bunga, mampir saja ke Tomohon!

 

Yang Khas dari Kota Tomohon

Ibukota                            : Tomohon

Bahasa daerah               : Manado, Minahasa

Kesenian tradisional    : Tari Kabasaran, Tari Katrili, Tari Maengket, Tari Pisok

Alat musik tradisional : Kolintang, Musik Bambu

Rumah adat                   : Walewangko

 

 

Teks : JFK     Foto : Istimewa

 

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *