JAKARTA, majalahjustforkids.com – Perayaan Hari Natal kamu akan terasa makin asyik, nih! Kamu bisa bertemu dengan tim Santa yang akan membagikan cokelat dan permen. Waaa….

Ya, menyambut Hari Raya Natal, Tugu Kunstkring Paleis yang berada di Jl. Teuku Umar No.1, Menteng, Jakarta Pusat, akan menghadirkan serangkaian acara Natal dengan tema ”Christmas Village.” Dimulai pada hari Sabtu tanggal 3 Desember hingga Minggu, 4 Desember 2022.

Nuansa Natal yang disajikan Tugu Kunstkring Paleis tahun ini, begitu berbeda dan meriah! Sangat lekat dengan nuansa liburan di kawasan Eropa.

Keindahan pohon Natal setinggi enam meter, lengkap dengan lampu-lampu hias serta ornament Natal, akan kamu lihat saat memasuki area gedung Kunstkring.

Tak hanya itu, deretan acara juga telah disiapkan bagi pengunjung dan pelanggan Tugu Kunstkring Paleis.

Dimana mulai Sabtu tanggal 3 Desember hingga Minggu 4 Desember 2022, kamu akan disambut oleh berbagai tenant yang menjual makanan, minuman, pernak–pernik, dan banyak lagi.

Tenant–tenant bazaar bisa kamu jumpai di Art Space & Performance Gallery Hall lantai dua dan area garden di Tugu Kunstkring Paleis.

Untuk menikmati acara Christmas Village yang juga bekerjasama dengan Pasar Kelililing ini, tidak ada biaya atau tiket masuk, lho. Kamu tinggal memilih untuk menikmati makanan, baik di tenant–tenant kuliner ataupun memesan menu yang ada di restoran Kunstkring dan The One.

Melengkapi dan memeriahkan acara jelang Hari Raya Natal, disajikan pula menu spesial Natal yang bisa ditemui di Kunstkring dan The One.

Ada pula program harga khusus untuk produk kopi kemasan dari Kawisari dengan aroma Cherry Brandy dengan stok terbatas. Ini bisa didapatkan di Tokopedia Kawisari Café & Eatery.

Kawisari sendiri merupakan salah satu bagian dari grup Tugu Hotels & Restaurants yang juga menaungi Tugu Kunstkring Paleis.

Ragam acara lain bertemakan Natal juga akan hadir seperti Musik dan Christmas Choir.

Pada tanggal pelaksanaan tersebut, Tugu Kunstkring Paleis akan dibuka mulai pukul 08.00 sampai dengan 20.00 WIB.

Acara ini didesain untuk bisa dinikmati oleh anggota keluarga, teman–teman, dan para kolega. Akan banyak dekorasi unik yang bisa dijadikan spot untuk berfoto, diantaranya; Christmas Fireplace, Wooden Sleigh, Candy Cane, Christmas Ball Ornament, dan banyak lagi.

“Acara ini kami hadirkan untuk memberikan nuansa Natal yang unik bagi pengunjung jelang libur akhir tahun dan Hari Raya Natal. Keunikan event ini terutama pada Christmas Village yang kami hadirkan untuk memberikan hiburan bagi seluruh keluarga sekaligus pengalaman bagi pengunjung akan suasana Natal yang khas persembahan Tugu Kunstkring Paleis,” ucap Bapak Andy Guy, General Manager Tugu Hotels & Restaurants Jakarta.

Sejarah Tugu Kunstkring Paleis

Oh iya, Kids, sangat menarik jika melihat sejarah Tugu Kunstkring Paleis ini. Kata Kunstkring sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Belanda yang artinya Lingkaran Seni.

Mereka ini adalah sekelompok orang seni yang ingin menggairahkan kegiatan seni modern dan dekoratif di tanah jajahan.

Sebelum mendirikan gedung sendiri, kegiatan-kegiatan Kunstkring seperti malam penggalangan dana dan pertemuan-pertemuan seni, dulunya diselenggarakan di gedung-gedung lain seperti Eastern Star Masonic Lodge atau di Royal Naturalists Society.

Setelah bertahun-tahun mengumpulkan dana, akhirnya gedung Kunstkring pun berhasil dibangun dan dibuka pada tanggal 17 April 1914.

Awalnya, Kunstkring yang menjadi ajang pameran dan pusat belajar bagi para seniman muda sempat dipandang sebelah mata oleh para kritikus karena hanya memamerkan karya-karya artis ‘belajaran’.

Namun dalam perjalanannya, Kunstkring berevolusi menjadi arena seni multifungsi dan menumbuhkan seniman-seniman profesional.

Di masa kejayaannya, berbagai pameran digelar disini, mulai dari karya “yang tak keruan kelasnya” hingga kerajinan ukiran Bali yang luar biasa indah dan bahkan menjadi tuan rumah bagi lukisan-lukisan kelas dunia karya Vincent Van Gogh, Pablo Picasso, Paul Gauguin, dan Marc Chagall.

Pada tanggal 17 April 2013, Tugu Group, grup hotel dan restoran yang mengusung sejarah, romansa, dan budaya Indonesia-bekerjasama dengan Lingkar Seni Indonesia, mempersembahkan pembukaan kembali Gedung Kunstkring di Jl. Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat.

Bangunan yang merupakan bagian sejarah penting dalam masuknya aliran seni modern di Indonesia ini diresmikan sebagai sebuah oase seni budaya dan kuliner dengan tajuk “Tugu Kunstkring Paleis”.

Dibawah naungan manajemen Tugu Grup dan Lingkar Seni Indonesia, gedung legendaris ini telah berada di tangan yang tepat untuk kembali tinggal landas menuju kejayaannya.

Arsitekturnya yang elegan penuh charisma kini telah berkilau lagi. Jiwa-jiwa dan roh seni budaya seolah telah ditiupkan kembali ke dalam gedung ini.

Misi mereka adalah menjadikannya sebagai sebuah Istana yang Berpendar bak Ratna Mutu Manikam. Sebuah tempat dimana kita bisa memamerkan keindahan karya anak bangsa kepada dunia.

Tanggal 20 Maret 2013 lalu, Jaringan Hotel Tugu memperoleh HIW (Hospitality Investment World) Culture Award, suatu penghargaan kepada jaringan hotel yang telah berhasil dengan gemilang mengagungkan dan menjaga kekayaan budaya Indonesia.

Berkali-kali Hotel Tugu juga memperoleh penghargaan sebagai salah satu hotel terbaik di dunia. Keren, ya!

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *