Hari ini, tepatnya tanggal 22 Juni 2018, Jakarta berulang tahun yang ke-491. Sebagai salah satu kota bersejarah di Indonesia, banyak keunikan dan hal menarik yang dapat kita temui, seperti kekayaan sejarah, kesenian, wisata, kuliner, hingga pusat perbelanjaan.

Shopee, platform e-commerce turut memeriahkan HUT kota Jakarta dengan menghadirkan barang-barang khas Betawi lewat kanal “Kreasi Nusantara” selama 19 – 26 Juni 2018.

Kreasi Nusantara sudah diluncurkan sejak Februari 2018. Merupakan wadah untuk memamerkan rangkaian produk lokal Indonesia lintas kategori, seperti fashion, makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan, perlengkapan rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Apa aja sih barang-barang khas Betawi yang menjadi ciri Jakarta? Ini beberapa di antaranya.

Roti Buaya
Ini merupakan hidangan Betawi berupa roti manis berbentuk buaya. Dalam upacara pernikahan adat Betawi, roti buaya selalu hadir sebagai bagian hantaran untuk acara pernikahan. Roti tawar berbentuk sepasang buaya ini dipakai sebagai seserahan pernikahan warga asli Jakarta yang mengandung makna kesetiaan.

Kembang Goyang
Nama kembang goyang berasal dari bentuknya yang menyerupai kelopak bunga atau kembang yang baru mekar dan proses membuatnya yaitu digoyang – goyang hingga adonan terlepas dari cetakan. Kue tradisional khas masyarakat Betawi ini biasa ada saat kumpul keluarga sebagai camilan.

Bir Pletok
Bir pletok adalah minuman penyegar yang dibuat dari campuran beberapa rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai. Rasa manis, pedas, dan hangatnya yang khas menjadikan bir ini digemari masyarakat Betawi hingga turis asing. Walaupun mengandung kata bir, minuman ini tidak mengandung alkohol, dan berkhasiat untuk memperlancar peredaran darah. Bir Pletok bisa menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi pada malam hari sebagai penghangat tubuh.

Kebaya Encim
Kebaya merupakan pakaian tradisional wanita yang berasal dari Indonesia dan biasanya digunakan pada acara resmi nasional. Jakarta memiliki Kebaya Encim yang memiliki ciri khas yang sarat dengan nilai sejarah, dimana dipengaruhi oleh beberapa negara yang pernah menduduki Batavia pada tempo dulu, salah satunya yaitu Cina. Dalam rangka merayakan ulang tahun Jakarta, biasanya banyak wanita Indonesia yang menggunakan kebaya encim dengan berbagai warna.

Miniatur Monas
Salah satu oleh-oleh khas Jakarta yang kekinian adalah miniatur Monas atau monumen nasional yang dikenal sebagai ikon dari Jakarta. Miniatur monas akan berkesan bagi penerimanya, karena selain bentuknya yang unik penerima oleh-oleh juga bisa merasakan keindahan monas meskipun hanya dengan melihat miniatur. Miniatur Monas ini sangat cocok sebagai buah tangan atau hiasan di meja belajar.

Semua barang-barang khas Betawi tersebut bisa ditemukan di aplikasi Shopee dengan memilih platform Kreasi Nusantara. Yuk, jadikan momen ulang tahun Jakarta sebagai momentum kita melestarikan budaya ibukota tercinta. (Efa)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *