Accor Culinary Journey Meriahkan HUT Jakarta

Jakarta baru saja berulang tahun ke 492. Momen besar ini turut dirayakan oleh berbagai pihak, termasuk jaringan hotel Accor. Lewat Accor Culinary Journey, mereka menyajikan masakan autentik Betawi yang sudah jarang ditemui, yakni Gabus Pucung.

Accor Culinary Journey adalah program yang digelar sepanjang tahun. Lebih dari 120 restoran di hotel-hotel Accor Indonesia, menampilkan keragaman sajian masakan serta cita rasa unik hasil olahan para tim kuliner.

Nah, pada Selasa (25/06/19) lalu bertempat di Pullman Jakarta Central Park, para Chef dari restoran-restoran hotel Accor di wilayah Jakarta dan Tangerang, memperkenalkan sajian autentik Betawi yang sudah jarang ditemui, yakni Gabus Pucung, di hadapan para pecinta kuliner, Blogger maupun Jurnalis dalam acara media gathering “Accor Hotels: Culinary Journey Greater Jakarta”.

Para Chef melakukan demo masak menu spesial Gabus Pucung dalam acara media gathering Accor Hotels: Culinary Journey Greater Jakarta (25/06/19)

Kamu mungkin masih belum familiar dengan nama ini. Gabus Pucung adalah gabungan nama Gabus dan Pucung. Merupakan hasil olahan ikan Gabus dengan Pucung atau Kluwak, rempah berwarna hitam pekat.

Coba, deh, apa makanan nusantara berwarna hitam yang kamu tahu? Mungkin teman-teman akan menjawab rawon dan semur. Nah, Gabus Pucung juga memiliki kuah berwarna hitam, yang menjadikan masakan ini bercita rasa khas dan lezat untuk dinikmati. Tapi, sayangnya, masih kurang populer dibandingkan makanan khas Betawi lainnya, misalnya Soto Betawi. Padahal, Gabus Pucung ini termasuk ke dalam daftar Warisan Budaya tak benda Indonesia, lho!

Gabus Pucung, sajian autentik Betawi

“Kenapa kami pilih menu Gabus Pucung? Makanan ini sekarang sudah sangat susah ditemui. Kalaupun ada mungkin hanya di tempat tertentu, contohnya di restoran khas Betawi. Nah, kami ingin memperkenalkan ada lho sajian autentik Betawi yang lain, yang tak kalah lezat, dan mungkin banyak orang belum tahu. Nah, momen HUT Jakarta ini sangat tepat untuk memasyarakatkan kearifan lokal Betawi seperti Gabus Pucung,” tutur Ibu Lisa P. Sanjoyo, General Manager Mercure Jakarta Cikini.

Nantinya, para tamu yang menginap maupun berkunjung di hotel Accor wilayah Jakarta dan Tangerang, bisa menikmati menu spesial Gabus Pucung. Sajian autentik Betawi ini tersedia di 29 hotel dari merek Pullman, Grand mercure, Novotel, Mercure, ibis Styles dan ibis yang berpartisipasi.

Dalam acara media gathering tersebut, para Chef melakukan demo masak menu spesial Gabus Pucung dan juga Soto Betawi. Para undangan pun bisa menikmati langsung kedua menu spesial tadi, bersama dengan menu kearifan lokal lain dalam sajian-sajian prasmanan atau buffet, seperti gado-gado, asinan Betawi, dadar gulung, serabi, es dawet, dan sebagainya.

Bagi kamu penyuka ikan, jangan lewatkan deh menu Gabus Pucung. Ikan gabus bermanfaat untuk kesehatan, selain sumber protein yang baik, ia kaya akan Omega 3, juga berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka maupun manjur untuk membentuk otot. Dari segi rasa, Gabus Pucung sangat gurih. Kuahnya yang hitam sangat lezat bila dipadukan dengan nasi putih. Kamu dan keluarga, mesti cobain, deh!

Jajaran Direksi dan Pihak Manajemen Hotel Accors

Gabus Pucung dapat dinikmati di restoran-restoran Hotel Accor yang berlokasi di wilayah Jakarta dan Tangerang sampai 31 Juli 2019. Harganya bervariasi, mulai dari Rp. 80.000/porsi di ibis Styles dan ibis, Rp. 110.000/porsi untuk Mercure dan Novotel, hingga Rp. 130.000/porsi untuk Grand Mercure dan Pullman. Asyiknya lagi, bila Mama dan Papa memiliki kartu cobrand CIMB Niaga Le Club AccorHotels, maka dapat menikmati diskon hingga 50% (syarat dan ketentuan berlaku).

Foto: Efa

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *