Buku adalah jendela dunia. Lewat buku, kita bisa menambah ilmu pengetahuan dengan mempelajari berbagai hal apa saja yang ingin kita ketahui.

Selain itu, terbiasa membaca buku sejak dini, akan mengasah seorang individu berpikir kritis, meningkatkan kualitas memori, fokus, konsentrasi, daya imajinasi, dan banyak lagi.

Ketertarikan terhadap buku dan kegiatan membaca di Indonesia masih menjadi salah satu tantangan yang masih dihadapi masyarakat Indonesia. Namun, riset yang dirilis oleh Perpustakaan Nasional pada tahun 2021 menunjukkan adanya peningkatan pada indeks kegemaran membaca masyarakat Indonesia.

Itu terlihat pula di TikTok di mana konten rekomendasi buku bacaan menjadi salah satu kategori konten yang paling diminati. Melalui sajian konten edukatif yang dikemas secara ringan dan menghibur, komunitas TikTok dapat menemukan rekomendasi ragam buku bacaan menarik untuk memperkaya diri mereka.

Kampanye #SerunyaMembaca

Untuk itu, TikTok kembali berkolaborasi dengan Gramedia mengadakan kampanye bertajuk #SerunyaMembaca. Selain menghadirkan berbagai kegiatan menarik untuk mendorong semangat membaca masyarakat, TikTok juga menggandeng Taman Bacaan Pelangiorganisasi sosial yang fokus mendirikan perpustakaan anak di daerah terpencil di Indonesia Timur, untuk memperluas akses terhadap bahan bacaan melalui program donasi buku.

(Atas kiri – kanan) Shinta (Host), Raja Tubagus Wijaya Kusuma, Marketing & Communication Manager Gramedia. (Bawah kiri – kanan) Kevin Chandra, Education & Lifestyle Creators Partnership Lead, TikTok Indonesia dan Widodo, Project Manager, Taman Bacaan Pelangi

Kampanye ini juga diselenggarakan seiring dengan meningkatnya jumlah konten edukasi yang hadir di TikTok, termasuk konten seputar rekomendasi buku bacaan.

“Kategori edukasi masuk ke dalam 5 besar paling diminati. Dan, konten terkait buku termasuk ke dalam konten edukasi tersebut. Antusiasme dari pengguna TikTok sangat tinggi, bahkan konten buku melalui tagar #SerunyaMembaca telah berhasil mengumpulkan lebih dari 2 miliar penonton,” ungkap Kevin Chandra, Education & Lifestyle Creators Partnership Lead, TikTok Indonesia. 

Ia melanjutkan, kampanye #SerunyaMembaca digaungkan kembali untuk memperlihatkan bahwa membaca juga bisa menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan untuk dilakukan.

Kevin menekankan bahwa kampanye #SerunyaMembaca ini sejalan dengan misi TikTok untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan. “Kami sangat senang bisa kembali berkolaborasi dengan Gramedia dan menggandeng Taman Bacaan Pelangi untuk bersama menyebarkan semangat baca sekaligus memperluas akses ke buku bagi masyarakat Indonesia,” ujar Kevin.

Program Utama

Kampanye #SerunyaMembaca  diselenggarakan mulai tanggal 6 Juli hingga 13 Juli 2022 dengan menghadirkan 3 program, yakni:

1. Tantangan #SerunyaMembaca yang mengajak para pengguna untuk berbagi inspirasi seputar buku, termasuk rekomendasi buku dan fakta menarik tentang pustaka, dengan harapan dapat menginspirasi komunitas TikTok;

2. TikTok LIVE yang menghadirkan ruang diskusi seru melalui akun TikTok resmi Gramedia bersama para penulis ternama dan figur publik, antara lain RJLSLuvita Ho, dan Dinda Mulia dengan pembahasan seputar buku, penulisan, dan membaca;

3. Program donasi buku di 10 cabang Gramedia dan perpustakaan Taman Bacaan Pelangi untuk mengundang partisipasi masyarakat dalam memperluas akses baca di Indonesia. Hasil donasi, termasuk 1.000 buku persembahan Gramedia, akan didistribusikan melalui Taman Bacaan Pelangi ke Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur, dan wilayah Indonesia Timur lainnya.

Raja Tubagus Wijaya Kusuma, Marketing & Communication Manager Gramedia, menyampaikan bahwa kolaborasi kedua dengan TikTok ini diharapkan bisa menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat lewat bantuan para kreator di TikTok untuk menyebarkan konten edukasi maupun informasi seputar buku sehingga bisa meningkatkan budaya dan minat membaca serta kemudahan akses buku, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil.

Hal senada disampaikan oleh Widodo, Project Manager, Taman Bacaan Pelangi. Sebagai organisasi yang fokus pada peningkatan literasi dan minat baca anak-anak yang berada di sekolah dasar, khususnya Indonesia Timur, Widodo sangat menyambut baik kolaborasi ini.

“Selama di lapangan, kami melihat mengapa literasi baca masih rendah disebabkan berbagai faktor. Salah satunya, keterbatasan akses buku. Kalau anak-anak mau mencari buku yang mereka minati, misalnya komik, susah menemukan, tokonya tidak ada. Memang, sekolah juga punya perpustakaan, tetapi buku-bukunya banyak yang tidak sesuai dengan minat anak-anak. Kurangnya ketersediaan berbagai jenis buku membuat anak-anak juga jadi kurang tertarik membaca,” katanya.

Taman Bacaan Pelangi sendiri, ujar Widodo, telah membantu mengadakan 146 perpustakaan di Indonesia yang tersebar di 18 pulau. Mereka juga memberikan pendampingan untuk meningkatkan kapasitas para guru. “Kalau saya lihat, anak-anak itu banyak yang suka membaca buku fantasi yang bisa meningkatkan daya imajinasi mereka, misalnya kisah petualangan, kisah heroik, dinosaurus, dan sebagainya,” tutup Widodo.

Nah, Moms dan Dads, kampanye #SerunyaMembaca dilaksanakan mulai tanggal 6 hingga 13 Juli 2022 dan dapat diakses melalui tagar #SerunyaMembaca di aplikasi TikTok . anda juga bisa mengajak buah hati Anda untuk menyumbangkan buku bacaan kepada anak-anak di Indonesia Timur.

Foto: Efa

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *