Mengubah Susu Menjadi Keju

Makanan olahan dari susu ini memang sangat lezat. Rasanya yang gurih membuat lidah kita bergoyang. Apalagi jika keju ini ditambahkan di dalam isi roti atau menjadi taburan pisang goreng bikinan Mama.

Ada banyak jenis keju. Dari segi pembuatannya, ada keju padat dan keju segar. Negara-negara di Eropa juga memiliki ciri khas kejunya masing-masing. Pada dasarnya, keju merupakan olahan dari susu hewan, seperti susu sapi, susu domba, dan susu kambing.

Bagi kamu penyuka keju, pasti penasaran kan bagaimana proses pembuatannya?

 

Simak proses pembuatan keju berikut ini :

  1. Langkah pertama, susu segar yang baru saja diperah dari sapi, dipanaskan dalam suhu tertentu. Proses yang biasa disebut dengan pasteurisasi ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri dan kuman yang masih ada di dalam susu itu.
  2. Setelah dipanaskan, susu itu kemudian didiamkan dalam jangka waktu yang cukup lama. Pada proses ini, zat rennet (sejenis enzim yang menggumpalkan susu dan membunuh bakteri) ditambahkan ke dalam susu. Hasil yang terjadi pada proses ini disebut dengan keju mentah.
  3. Keju mentah diolah kembali dengan menambahkan air, garam, dan tambahan vitamin serta mineral. Keju sudah mulai mengeras dan memiliki rasa yang lezat, karena sudah ditambahkan dengan bahan-bahan lainnya.
  4. Setelah jadi, keju akan dibentuk ke dalam berbagai ukuran sesuai dengan keinginan. Ada yang berbentuk lembaran kecil untuk dijadikan isi roti, ada juga yang berbentuk kotak besar dan kecil.
  5. Keju pun siap disantap! Mmmm…lezat!! (JFK/Nov)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *