Bicara industri, apa yang Moms dan Dads pikirkan? Industri identik dengan alat berat, pabrik, mesin, senyawa kimia, dan sebagainya. Tapi, selalu ada sisi humanis di setiap sektor, termasuk industri. Hal ini lah yang ingin ditampilkan oleh PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT).

Indonesia yang dikenal sebagai negeri seribu pulau menyimpan banyak keberagaman budaya daerah. Melestarikan seni kebudayaan ini menjadi inspirasi bagi PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) untuk memberi sebuah ruang bagi para seniman, sastrawan, dan budayawan Indonesia untuk dapat menuangkan sisi kreativitasnya ke dalam sebuah mahakarya terutama pada nilai seni dan kebudayaan wilayah Bontang, Kalimantan Timur yang menjadi tempat PKT beroperasi sejak tahun 1977.

Hal ini kemudian diwujudkan PKT dengan menghadirkan Pameran Bentang Bontang – Seni Memanusiakan Industri. Pameran lukisan dan foto ini dapat disaksikan oleh masyarakat umum mulai mulai hari ini, 2 Desember hingga 10 Desember 2022. Adapun lokasinya berada di Galeri Mojisa, Sarinah, Jakarta Pusat.

Merupakan rangkaian dari perayaan HUT-45 PKT, pembukaan pameran Bentang Bontang turut dihadiri oleh Wakil Menteri BUMN I, Pahala Mansury. “Selamat Ulang Tahun PKT. 45 Tahun PKT berkarya, berupaya mendukung ketahanan pangan, menyuburkan negeri. Semoga PKT semakin jaya dan dapat terus memberikan kontribusi terbaik untuk Indonesia, dalam semangat kebersamaan. Stronger Together For Our Future,” imbuhnya.

Kolaborasi antara PKT dengan para  seniman, sastrawan, dan budayawan Indonesia ini mengangkat tema seni memanusiakan industri.Dalam hal ini, PKT ingin menunjukkan sisi humanis dari industri pupuk dan petrokimia. Hal ini sejalan dengan misi BUMN yang harus berkembang dan mendukung nilai-nilai masyarakat, salah satunya dengan berpartisipasi aktif dalam upaya melestarikan seni dan budaya.

“Jika selama ini industri dikenal dengan pabrik, mesin, dan senyawa kimia, maka kini PKT ingin memperlihatkan sisi yang berbeda dari sebuah industri yang dapat dirasakan oleh masyarakat melalui sentuhan karya seni yang dihadirkan pada Pameran Bentang Bontang. Sejatinya kami terus memberdayakan dan melestarikan kebudayaan Bontang agar ke depannya tidak hanya sebagai nilai budaya tapi juga dapat menjadi daya tarik pariwisata Kota Bontang,” imbuh Rahmad Pribadi, Direktur Utama PKT.

Pameran Bentang Bontang dibuka pertama kali pada hari ini, yaitu 2 Desember 2022 oleh Direktur SDM, Tata Kelola, Manajemen Risiko Pupuk Indonesia, Tina T. Kemala Intan bersama dengan Direktur Keuangan dan Umum PKT, Qomarruzaman dan turut dihadiri oleh Asisten Deputi Bidang Industri Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN, Zuryati Simbolon, Jajaran Direksi PT Pupuk Indonesia (Persero), Jajaran Dewan Komisaris dan Direksi PKT, serta mewakili rombongan seniman, Butet Kartaredjasa.

PKT juga melibatkan seniman legendaris Indonesia Butet Kartaredjasa sebagai pemimpin rombongan seniman yang terlibat dalam proses Pameran Bentang Bontang.

“Kami sangat antusias dengan undangan PKT dalam mengajak kerjasama yang menghadirkan nuansa humanis pada industri pupuk dan petrokimia melalui karya seni, yakni seni rupa, seni sastra, dan seni tari. Ada begitu banyak nilai budaya yang kami sisipkan dalam setiap mahakarya yang ditampilkan pada Pameran Bentang Bontang ini. Nilai seni, budaya, dan sisi humanis itu nyatanya saling mengikat satu sama lain, sehingga dihadirkan karya yang mewakilkan makna mendalam akan ikatan ketiga hal tersebut, yang dimana juga menyiratkan nilai kekayaan budaya tanah air,” ujar Butet Kartaredjasa.

Pameran ini sendiri juga menjadi momentum peluncuran Buku Antologi Puisi: Entropi: Bontang. Pameran Bentang Bontang ini akan menampilkan 108 lukisan di Galeri Mojisa, Sarinah, Jakarta Pusat dan terbuka bagi masyarakat luas.

Selain menampilkan karya seni lukisan, dan peluncuran buku puisi, PKT juga akan menyuguhkan seni tari ciri khas kebudayaan Kalimantan Timur yang dikemas dalam bentuk audio visual.

Foto: Efa, Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *