Berapa umurmu sekarang, Kids? 8 tahun, 9 tahun atau 10 tahun! Nah, berapa usia pohon rambutan yang ada di depan rumahmu, Kids? Bisakah kalian menyebutkan umurnya? Nah, lewat percobaan berikut, kita bisa menghitung berapa usia pohon, lho!

Alat & Bahan:

  • Penggaris 1 buah
  • Tali 1 gulung
  • Kertas & Pulpen untuk mencatat

Langkah Percobaan:

1.Cari pohon yang akan dihitung usianya.

2. Lingkarkan tali pada batang pohon tersebut.

3. Tandai akhir lingkaran tali.

4. Ukur panjang tali hasil melingkari pohon tersebut dengan penggaris.

5. Jika sudah mengetahui ukuran keliling batang pohon tersebut, kamu tinggal membaginya dengan 2,5. Misal, jika keliling batang pohon tersebut 250 cm, maka usia pohon tersebut adalah 250 : 2,5 = 100 tahun.

Apa Kata Sains:
Salah satu cara untuk menentukan usia pohon adalah dengan menghitung lingkaran yang ada di batang pohon tersebut. Semakin banyak jumlah cincinnya, maka semakin tua usia pohonnya. Namun, untuk menghitung lingkaran itu, kita harus menebang pohonnya terlebih dahulu. Sayang kan, Kids? Namun, ada cara yang lebih sederhana lagi. Kita bisa mengetahui usia pohon, tanpa harus menebang pohonnya terlebih dahulu. Jadi, rata-rata tumbuhan menambah ketebalan batangnya sebesar 2,5 cm setiap tahunnya. Berarti, kita tinggal menghitung berapa keliling pohon tersebut kemudian membaginya 2,5. Nah, hasilnya adalah usia pohon tersebut, Kids! Bagaimana, mudah kan?

 

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *