Belakangan ini kata vaksin sering disebut, seiring dengan wabah corona yang makin meluas. Banyak peneliti dari berbagai negara berlomba-lomba menemukan vaksinnya. Karena, vaksin dikenal mampu menjaga tubuh dari serangan penyakit. Apa, sih, vaksin itu dan bagaimana cara kerjanya?
Ya, vaksin adalah zat yang membantu melindungi tubuh dari penyakit tertentu. Kandungan dalam vaksin adalah mikroba yang mati atau dilemahkan. Pemberian vaksin merupakan salah satu cara paling efektif untuk menghindari penyakit. Setidaknya, ada 25 jenis penyakit mematikan, seperti tetanus, tifus, kanker serviks hingga polio, yang bisa dihindari melalui pemberian vaksin.

Cara Kerja Vaksin
Bagaimana vaksin bekerja dalam mengalahkan bakteri hingga virus, agar tak menyebabkan penyakit muncul? Vaksin dapat disebut sebagai pelatihan bagi sistem kekebalan tubuh kita. Mereka mempersiapkan tubuh untuk bisa melawan penyakit. Ketika bakteri atau virus masuk ke dalam tubuh, sel kekebalan tubuh bernama limfosit, merespons dengan memproduksi antibodi, yang merupakan molekul protein. Antibodi ini akhirnya melawan antigen dan memproteksi tubuh agar tidak mengalami infeksi.
Ketika vaksin masuk ke dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh kita akan melihat mereka sebagai musuh atau antigen. Akhirnya, tubuh akan memproduksi antibodi sebagai respons terhadap ancaman tersebut. Setelah itu, banyak dari antibodi akan rusak, namun sel-sel kekebalan tubuh yang disebut sel memori, akan tetap tumbuh di dalam tubuh. Ketika tubuh bertemu dengan antigen yang sama di kemudian hari, sel-sel memori akan menghasilkan antibodi dengan cepat dan menghancurkan antigen tersebut sebagai perlawanan terhadap penyakit yang masuk.
Nah, agar kita terproteksi dari berbagai penyakit yang berpotensi mengancam jiwa, sebaiknya kita melakukan vaksinasi tepat waktu.

(Foto : Ist)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *