Peluncuran Buku Seri Biografis Pahlawan Nasional Dewi Sartika dan Wahid Hasyim (Foto: Efa)

Buku adalah gudang ilmu. Lewat buku, kita bisa menemukan segala informasi, inspirasi, motivasi, dan pengetahuan. Salah satunya, inspirasi sosok pahlawan nasional Indonesia.

Kabar baik bagi kalian, terutama penggemar sejarah. Sebab, pada Kamis, 7 Februari 2019, ESENSI (Imprint Penerbit Erlangga) meluncurkan buku terbarunya yakni seri Biografis Pahlawan Nasional: “Dewi Sartika dan Wahid Hasyim” bertempat di Museum Nasional Indonesia, Jakarta.

Jangan bayangkan kalau buku seri pahlawan bakal kaku dan membosankan, Kids.  Kedua buku ini berbeda dengan buku kisah pahlawan nasional lainnya karena disusun dengan visualisasi grafis menyerupai komik. Cocok banget untuk para siswa seperti kalian,  bahkan orangtua generasi milenial.

Untuk diketahui, Dewi Sartika dan Wahid Hasyim sendiri adalah dua sosok yang sangat berperan dalam keberlangsungan pendidikan. Pada masanya, Dewi Sartika berani mendobrak kekakuan tradisi yang membelenggu perempuan. Ia pun berjuang keras dan berhasil membentuk lembaga pendidikan untuk perempuan.

Sementara Wahid Hasyim adalah kyai yang berani mengusulkan revolusi sistem pengajaran di pesantren untuk mengantar para santri menjadi berdaya dan mampu untuk tampil dalam kancah yang lebih tinggi.

Berbeda dengan buku kisah pahlawan nasional lainnya, Buku Dewi Sartika dan Wahid Hasyim disusun dengan visualisasi grafis menyerupai komik

Acara peluncuran tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan, Kids, mulai dari anak-anak sekolah, guru, orangtua, hingga keluarga (keturunan) dari pahlawan tersebut, seperti

Bapak Dr. (H.C.) Ir. KH. Salahuddin Wahid (Putra Ke-3 Pahlawan Nasional Wahid Hasyim), dan Ibu Dinny Dewi Krisna (Cucu dari Pahlawan Nasional Dewi Sartika).

Diterbitkannya buku seri Biografis Pahlawan Nasional ini, menurut Ibu Fikri Somyadewi, Brand Development Manager Esensi, agar anak-anak dan orangtua dapat mengenal pahlawan nasional Indonesia dengan cara menyenangkan.  “Diharapkan bacaan berbentuk komik ini membuat anak lebih mudah meneladani sifat kepahlawanan yang sekaligus mendukung program Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah,” katanya.

Dalam hal visualisasi, Esensi bekerjasama dengan IKPNI yakni Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia, yang juga menggandeng salah satu komikus legendaris Indonesia, Daman Mansyur atau MAN.

Dalam bentuk visual grafis yang menarik, buku Dewi Sartika dan Wahid Hasyim ini menggambarkan secara singkat tentang kehidupan para Pahlawan Nasional yang informasi-nya bersumber langsung dari keluarga pahlawan yang bersangkutan.

So, kalau kalian ingin mengenal lebih dalam sosok pahlawan nasional Indonesia, kedua buku ini wajib banget kalian baca. (Foto: Efa)

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *