Cisarua, majalahjustforkids.com – Setelah melalui malam semifinal pada 11 Desember 2022 lalu, telah terpilih 12 finalis Miss KidZania Jakarta 2022 yang berhak melaju ke babak Grand Final yang akan berlangsung pada Minggu, 18 Desember 2022.

Nah, sebelum itu, kedua belas finalis masih harus melakukan karantina. Salah satu kegiatan karantina yang baru-baru ini mereka lakukan adalah “Animal Education” atau edukasi satwa. Wah, terdengar seru, ya, Kids!

Yups, siapa di antara kalian yang pernah membuat makanan burung? Atau memberi makan jerapah secara langsung? Nah, para finalis KidZania Jakarta berkesempatan untuk mengenal satwa lebih dekat dengan mengunjungi Royal Safari Garden Resort & Convention, Cisarua, Bogor, Selasa (13/12). Just For Kids dan kakak-kakak dari media lain turut mendampingi perjalanan teman-teman.

Para finalis Finalis Miss KidZania 2022

Kedua belas Finalis Miss Kidzania Jakarta 2022 yakni Yuri (11), Khayla (13), Michelle (13), Mayra (13), Kimberly (9), Jacqueline (13), Melody (12), Evolette (9), Dafni (10), Chiara (11), Casslyne (7) dan Aina (11), sangat antusias dan menikmati sekali perjalanan mengunjungi Royal Safari Garden.

Berangkat dari Jakarta sekitar pukul 06.45 WIB, bus yang membawa teman-teman akhirnya sampai di Royal Safari Garden sekitar pukul 08.30 WIB. Keceriaan tampak nyata di wajah raut para Finalis Miss KidZania Jakarta 2022, terlihat sekali mereka tak sabar untuk segera mengeksplorasi.

Kakak Rully sedang memberi penjelasan (no 4 dari kiri)

Setelah istirahat sebentar dan menerima briefing dari kakak-kakak KidZania, teman-teman disambut hangat oleh Kakak Rully Zulkifly, Marketing Communication Royal Safari Garden. Ia menjelaskan sepintas beberapa tempat yang akan dikunjungi oleh para finalis.

Dan, selanjutnya, para finalis mulai mengeksplorasi lokasi. Saat itu, teman-teman melihat ada 2 ekor gajah besar sedang berhenti berjalan untuk beristirahat, mereka pun berebutan mendekat. “Namanya yang satu, Carla…” kata Kakak penjaga. Wah, nama gajahnya keren sekali ya, Kids, hihi.

Tak hanya gajah, teman-teman kemudian berjalan mengunjungi area Giraffe Feeding. Sebelum bertemu dengan jerapah, mereka menemui satwa lain yang tak kalah lucu, yakni wallaby. Kakak pemandu dari Royal Safari Garden pun kemudian menjelaskan bahwa wallaby ini terlihat mirip seperti kanguru tetapi lebih kecil. Menggemaskan sekali lho hewan-hewan ini.

Selain Wallaby, para finalis Miss KidZania Jakarta 2022 juga sangat penasaran saat melihat kelinci Patogonian Mara. Hewan yang terancam punah ini asalnya tinggal di tanah rumput terbuka di Patagonia, Amerika Selatan yang menjadi negara Argentina dan Bolivia.

Teriakan gemas pun tak terbendung ketika para finalis kemudian mengunjungi kandang Kuda Poni Shetland. Meskipun tubuhnya kecil mungil, kuda ini memiliki tubuh yang kuat lho, Kids. Bahkan, Shetlands adalah salah satu ras kuda poni terkuat di dunia. Para finalis pun berkesempatan memberikan wortel ke mulut kuda poni untuk dimakan.

Begitu pula ketika berada di depan kandang jerapah. Tampak dua ekor jerapah yang sangat lucu tapi gagah. “Ada yang tahu jerapah ini dari mana?” tanya kakak pemandu. Seorang finalis menjawab, “Aku tahu, dari Afrika,” ujarnya dengan percaya diri. Kakak pemandu lalu mengangguk, “Betul sekali, asal jerapah ini dari Afrika dan jerapah adalah satwa yang memiliki leher panjang dan termasuk satwa tertinggi di dunia,” terang kakak pemandu.

Agar bisa merasakan pengalaman langsung, akhirnya dipilih 5 orang finalis yang berhasil menjawab pertanyaan kakak pemandu, untuk memberi makan jerapah secara langsung. Kelimanya sangat senang.

Wah, seru sekali pengalaman edukasi hewan yang dialami teman-teman. Setelah itu, para finalis pun mengunjungi Pulau Reptil. Di sini, mereka diterangkan mengenai habitat hewan melata seperti ular dan buaya, hiiiiiyyyyy.

Setelah puas menggali pengetahuan di Pulau Reptil, para finalis lalu berjalan ke tempat lain.Kali ini, mereka akan dihibur dengan “Animal Show”. Ada atraksi burung yang pintar menebak letak benda yang disembunyikan di bawah mangkuk, ada pula atraksi anjing yang pintar berhitung, burung yang pintar mengambil uang, dan sebagainya. Seru, deh!

Sebelum melanjutkan perjalanan ke area kandang burung raksasa alias Bird Aviary, teman-teman finalis diajarkan untuk membuat makanan burung dari potongan buah-buahan dan sayur seperti pisang, pepaya dan jagung yang ditusuk seperti sate. Lalu mereka pun memberi makan kepada burung-burung yang ditemui, seperti burung nuri.

Tak hanya itu, di sana juga para finalis Miss Kidzania bertemu dengan burung merak jantan. Saat itu si burung merak pun mengembangkan ekornya. Kakak pemandu menjelaskan, burung merak jantan mengembangkan ekornya untuk menarik perhatian burung merak betina. Wah, ternyata ada betina yang lewat, hehe…

Wah, banyak sekali edukasi yang para finalis terima saat mengunjungi Royal Safari Garden. Tentunya hal ini menjadi salah satu bekal mereka untuk meneruskan apa yang sudah mereka pelajari kepada lingkungan sekitarnya.

 

Tim KidZania dan Royal Safari berfoto bersama Miss KidZania Jakarta 2022

Tak terasa waktu semakin siang. Setelah menghabiskan makan siang dengan lahap, perjalanan harus diakhiri. Kedua belas finalis Miss KidZania Jakarta 2022 mengaku sangat senang dengan perjalanan edukasi hewan ini. Tapi, sudah waktunya untuk kembali ke Jakarta.

Bye-bye Royal Safari Garden, sampai bertemu lagi…

Foto: Efa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *