Kalian pernah mendengar penyakit rinitis? Itu nama lain dari penyakit pilek, Kids. Kalian pasti pernah mengalaminya, kan? Yuk, kenal lebih jauh tentang penyakit rinitis!

Rinitis adalah peradangan atau iritasi yang terjadi di membran mukosa di dalam hidung atau yang biasa kita kenal pilek. Rinitis merupakan radang selaput hidung yang biasanya disebabkan oleh common colds atau flu dan alergi.
Menurut dr. Darmawan Budi Setyanto Sp.A(K), dalam kasus yang akut, anak dengan rinitis dapat berpotensi mengalami gangguan penyakit penyerta (komorbiditas) lainnya seperti asma, pembesaran tonsil, dan infeksi telinga atau otitis. “Penyakit rinitis apabila dibiarkan akan memengaruhi tumbuh kembang optimal anak, terutama jika rinitis yang dialami berkembang menjadi rhinosinusitis dan komorbiditas lainnya,” jelas dr. Darmawan yang ditemui saat acara Merck Pedriatric Forum 2018 di Jakarta, beberapa waktu lalu.
Meski penyakit ini tidak tergolong penyakit yang mematikan, tapi jika kalian terkena rinitis akan membuat kalian menjadi sulit tidur, karena penyakit ini sangat berpotensi mengganggu kualitas tidur.
Bila terkena penyakit ini, kalian perlu diberikan terapi yang komprehensif yaitu berupa terapi oral dan topikal. “Nah, salah satu cara untuk menangani gejala hidung tersumbat adalah dengan diberikannya terapi topikal yang dapat secara singkat (kurang dari 10 menit), langsung memberikan efek hidung lega pada anak melalui pemberian oxymetazoline drop,” ungkap Prof. Chua H. Antonio,
Dokter Spesialis Anak. dr. Wahyuni SpA(K) juga menambahkan pentingnya sosialisasi tren cuci hidung pada anak sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit rinitis.
“Merck Pediatric Forum 2018 sejalan dengan komitmen global Merck WE100 untuk membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat agar hidup lebih panjang dan sehat melalui kegiatan edukasi, baik melalui edukasi praktisi medis maupun edukasi masyarakat umum. Kami percaya bahwa kesehatan anak akan meningkatkan kualitas kehidupan keluarga dan bangsa,” tutup dr. Ashley Barrow selaku Regional Medical Director Asia Merck Consumer Health. (Retno)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *