Kalian pasti sering mendengar kata-kata antibiotik dalam dunia kesehatan. Apa sih antibiotik itu?

Ketika kamu sakit, dokter sering meresepkan obat, salah satunya adalah antibiotik. Meski antibiotik ini ampuh melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, namun bila penggunaannya tidak tepat dan benar, justru akan menjadi ancaman yang serius bagi kesehatan kamu, Kids!

Antibiotik atau obat antimikroba, adalah obat untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, baik pada manusia maupun pada hewan. Antibiotik bekerja dengan membunuh bakteri atau membuat bakteri sulit untuk tumbuh dan berkembang biak. Meskipun antibiotik dapat digunakan pada bakteri, namun antibiotik tidak dapat digunakan pada virus!

Perlu kamu ketahui ya Kids, penggunaan antibiotik yang tidak bijak akan sebabkan resistensi (kebal) antibiotik. Menurut laporan World Health Organization tahun 2017, resistensi antibiotik dapat menyebabkan ancaman serius  terhadap dunia kesehatan! Resistensi antibiotik adalah kemampuan bakteri untuk melawan efek dari antibiotik. Resistensi ini terjadi karena bakteri beradaptasi terhadap obat, sehingga mengurangi efektivitas obat, bahan kimia, atau agen lainnya yang dirancang untuk menyembuhkan atau mencegah infeksi. Bakteri akhirnya dapat bertahan dan terus bertambah banyak, sehingga membawa kerugian yang luar biasa pada tubuh. Penggunaan antibiotik secara berlebihan dapat memicu kekebalan bakteri terhadap antibiotik.

“Kita harus memperhatikan dan mengerti lima hal penting dalam penggunaan antibiotik. Yaitu harus dengan resep dokter, habiskan antibiotik sesuai dosis, jangan gunakan sisa antibiotik, jangan berbagi antibiotik dengan orang lain, dan bantu cegah infeksi dengan cuci tangan,” pesan Ibu Dra. R. Dettie Yuliati, M.Si., Apt, Direktur Pelayanan Kefarmasian, Direktorat Pelayanan Kefarmasian, Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang ditemui pada simposium nasional bertema “More Protection, Less Antimicrobial” yang mengangkat upaya peningkatan kesadaran pencegahan penyakit dan penggunaan antibiotik yang baik dan benar.

Rupanya, kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun, bisa sebagai perlindungan awal agar terhindar dari kuman, Kids! Ini cara paling sederhana untuk mengurangi terjadinya perpindahan mikroba penyebab penyakit. Selain melindungi diri sendiri, juga berimbas baik pada orang lain. Retno

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *