Kids, pernah melihat gambar hewan panda pada lambang WWF (World Wide Fund)? WWF adalah organisasi dunia untuk para pecinta hewan dan lingkungan. Tapi, mengapa menggunakan lambang hewan panda, ya?

Tahu kah Kids, beberapa hewan unik dan langka, kini sudah dalam status kritis alias hampir punah? Sebut saja panda, harimau, gajah, gorila, badak, penyu, beruang kutub, dan paus. Nah, salah satu penyebabnya adalah lingkungan tempat tinggal mereka yang sudah mulai rusak.

Ternyata, keprihatinan terhadap lingkungan dan makhluk hidup, sudah dilakukan sejak 54 tahun yang lalu, Kids. Inilah yang kemudian membuat beberapa pecinta hewan dan lingkungan mendirikan sebuah badan amal. Namanya, World Wide Fund (WWF) yang sekarang sudah menjadi World Wide Fund For Nature.

 

Didirikan oleh Pangeran

WWF didirikan pada 29 April 1961 di Morges, Swiss oleh Pangeran Bernhard dari Lippe-Biesterfeld. Namun baru pada tanggal 1 September lah ditetapkan sebagai hari lahir WWF. Ini dikarenakan pada tanggal 1 September tersebut, WWF memiliki kantor pertamanya di Morges, Swiss.

Berdirinya kantor pertama WWF ini juga sebagai penanda dimulainya progam-program kerja WWF untuk menyelamatkan hewan dan lingkungan.

 

Logo Panda

Lalu, mengapa hewan panda yang dijadikan lambang (logo) WWF? Ini dikarenakan hewan asal China tersebut dicintai banyak orang di dunia. Akan tetapi, statusnya kritis atau hampir punah. Nah, seorang ahli ilmu burung (ornithologist) berkebangsaan Inggris yaitu Sir Peter Scott, menjadikannya sebagai  logo WWF.

Logo panda pun hanya menggunakan warna hitam dan putih sehingga tidak begitu mencemari lingkungan dibandingkan bila menggunakan warna lain. Ini juga salah satu kampanye ramah lingkungan karena hanya menggunakan dua warna.

 

 

Teks: JFK     Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *