Karena pada mata kucing terdapat lapisan pemantul cahaya yang dinamakan tapetum lucidum. Lapisan tersebut berada tepat di belakang retina matanya. Tapetum lucidum berasal dari bahasa latin yang artinya karpet terang. Fungsi lapisan ini untuk memperbanyak jumlah cahaya yang dapat diterima oleh retina.

Tapetum lucidum adalah organ tubuh yang mirip cermin. Organ ini dapat memantulkan cahaya, sehingga membantu kucing untuk melihat dalam gelap. Lapisan inilah yang menyebabkan mata kucing bercahaya di malam hari. Lapisan pemantul ini dapat menyerap cahaya enam kali lebih kuat daripada mata manusia. Inilah yang memungkinkan kucing dapat melihat dalam gelap.

Selain itu, tapetum lucidum membuat mata kucing menyala. Kalau ada cahaya yang mengenai mata kucing di saat gelap atau malam hari, maka mata kucing akan menyala. Hewan lain yang juga punya lapisan tapetum lucidum adalah kelelawar, anjing, dan lumba-lumba hidung botol. Yaitu hewan yang termasuk golongan nocturnal atau hewan yang mencari makan di malam hari. Kalau mata manusia, tidak punya lapisan tapetum lucidum, sehingga tidak bisa melihat di dalam kegelapan.

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *