Hari Anak Nasional di Indonesia diperingati setiap tanggal 23 Juli, Kids. Ingin tahu bagaimana asal mulanya sehingga tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional?

Peringatan Hari Anak ternyata memiliki makna yang besar, Kids. Tujuannya adalah untuk menghormati hak-hak anak di Indonesia. Seperti hak untuk bermain, mendapatkan pendidikan, perlindungan, identitas, status kebangsaan, makanan, kesehatan, rekreasi, kesamaan, dan bisa berperan dalam pembangunan.

Aset Kemajuan Bangsa

Hari Anak Nasional ini awalnya gagasan dari Mantan Presiden Republik Indonesia ke-2, yaitu Almarhum Bapak Soeharto. Kala itu, beliau melihat anak-anak adalah merupakan aset kemajuan bangsa. Beliau pun kemudian mengeluarkan Keppres/Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 44 tahun 1984 yang menetapkan bahwa setiap tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional (HAN).

Komisi Perlindungan Anak Indonesia

Untuk melindungi hak-hak anak, maka pemerintah kemudian membentuk Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) guna melakukan pengawasan pelaksanaan upaya perlindungan anak, melakukan investigasi terhadap pelanggaran hak anak, juga memberikan saran dan masukkan secara langsung pada Presiden tentang berbagai upaya yang perlu dilakukan berkaitan dengan perlindungan anak.

Kewajiban dan Tanggungjawab Anak

Meski demikian, peringatan Hari Anak tidak hanya membahas tentang hak-hak anak saja. Tapi juga meningkatkan kesadaran pada Anak tentang kewajiban dan juga tanggungjawabnya terhadap orangtua, masyarakat, lingkungan, serta bangsa dan negara.

Ilustrasi: Novi Chrisna

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *