Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku, kita bisa menjelajahi dunia, karena banyaknya pengetahuan yang ada dalam buku. Tapi, bagaimana caranya ya membuat buku yang berisi ratusan halaman dengan cepat?!

Kali ini, kita akan membahas bagaimana proses percetakan buku. Dengan teknologi canggih, buku dapat diproduksi dengan cepat dan dalam jumlah yang banyak sekaligus. Mau tahu prosesnya?

  1. Setelah semua proses penulisan selesai, maka perusahaan penerbitan akan melakukan proses pra cetak. Proses ini meliputi pembuatan desain sampul buku dan tiap halaman dalam buku.
  2. Plat cetak yang sudah disesuaikan dengan isi buku kemudian dimasukkan ke mesin cetak.
  3. Proses percetakan pun dimulai dengan mesin cetak yang canggih. Proses ini menghasilkan kertas-kertas halaman yang sudah berisikan tulisan dan gambar sesuai dengan isi buku.
  4. Kertas-kertas halaman dilem menjadi satu dengan sampul buku. Ada yang dipress, ada pula yang dijahit.
  5. Proses finishing (penyelesaian). Kertas-kertas yang sudah berbentuk buku memasuki tahap penyelesaian, yakni pemeriksaan masing-masing halaman buku dan sampulnya. Bila terjadi kesalahan cetak pada salah satu buku, maka buku itu akan dipisahkan supaya diperbaiki.
  6. Proses pengemasan. Buku-buku yang sudah selesai dicetak biasanya langsung dikemas dalam plastik, supaya kondisi kertas tidak rusak saat pengiriman.
  7. Buku kemudian dikirimkan ke toko-toko buku yang tersebar di seluruh Indonesia dan akhirnya sampai ke tangan kita, deh. Yuk, kita membaca buku!

 

 

 

Teks: JFK     Ilustrasi: JFK

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *