Mencegah Radiasi Ponsel

Kita memang tidak bisa menghindar dari handphone atau telepon seluler (ponsel). Karena kini ponsel sudah menjadi alat wajib yang kita bawa untuk berkomunikasi dengan orangtua ataupun teman. Tahukah kamu? Ternyata ada radiasi yang keluar dari perangkat ponsel. Radiasi adalah sebentuk energi yang bisa berpindah ke media lain, termasuk tubuh manusia. Terkadang, radiasi yang terserap ke tubuh manusia dapat berakibat buruk, seperti mengganggu kesehatan tubuh. Wah, bahaya ya!

Sebelumnya, banyak orang yang takut terhadap radiasi ponsel. Apalagi, kabarnya dapat merusak otak saat ponsel digunakan. Bahkan, ada kabar yang menyatakan bahwa radiasi yang dikeluarkan ponsel saat digunakan, dapat menyebabkan kanker. Tapi, semua penilaian ini masih belum pasti alias masih diperdebatkan. Belum ada penelitian yang benar-benar menghasilkan bukti bahwa gelombang radiasi dari ponsel dapat mengganggu kesehatan. Meski begitu, ahli kesehatan bernama Taraka Serrano, memiliki tips bagi kita termasuk anak-anak agar tidak terkena akibat dari radiasi ponsel. Soalnya, anak-anak sangat rentan atau mudah terganggu kesehatannya gara-gara radiasi ponsel. Berikut tipsnya;

  1. Batasi penggunaan waktu bicara dengan menggunakan ponsel. Jangan lama-lama menelepon pakai ponsel ya Kids. Karena semakin lama menempel di telinga, semakin banyak juga efek radiasi yang kita terima.
  2. Manfaatkan headset. Ternyata headset berguna lho buat kita, agar tidak selalu menempelkan ponsel di telinga. Sehingga radiasi dari ponsel tidak langsung menyerang ke kepala.
  3. Jangan masukkan ponsel ke dalam saku celana. Bahan celana ternyata dapat menjadi penghantar radiasi yang sangat baik, lho. Sehingga dapat mengganggu kesehatan organ bagian bawah kita.
  4. Jangan gunakan ponsel di dalam lift. Jika kita menelepon di dalam lift, maka radiasi akan terjebak di dalam lift yang terbuat dari metal atau logam. Akibatnya, radiasi itu akan mengenai kita sebagai penggunanya.
  5. Konsumsi suplemen atau vitamin. Mengonsumsi suplemen yang mengandung melatonin, zinc, gingko biloba, dan bilberry extract dapat meningkatkan anti oksidan dan melindungi kesehatan mata serta sel otak. Sehingga, efek radiasi ponsel pun dapat kita perkecil. Tanya Ibu kamu ya Kids, soal suplemen yang sesuai untukmu. (JFK / DRW Ilustrasi : Andi Kurniawan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lupa beli edisi terbaru yaa...