Mencegah Global Warming

Coba perhatikan! Saat kita berada di luar rumah, cuaca yang semula panas menyengat, tiba-tiba berubah mendung lalu turun hujan. Begitu pula sebaliknya, baru saja turun hujan, tiba-tiba matahari muncul sangat terik. Cuaca yang tidak menentu dan sulit ditebak ini merupakan salah satu dari akibat global warming atau pemanasan global.

 

Panas Terjebak

Saat matahari menyinari bumi, permukaan bumi akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya ke luar angkasa. Namun sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain uap air, karbon dioksida dan metana. Semua gas tersebut terjadi akibat aktivitas manusia seperti penggunaan AC, penebangan pohon, mesin pengering, pembakaran sampah, dan lain sebagainya.

Gas-gas tersebut menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan bumi. Keadaan ini terjadi terus menerus sehingga mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi terus meningkat.

 

Dampak

Pemanasan global mengakibatkan dampak yang luas dan serius bagi alam seperti pelelehan es di kutub, kenaikan muka air laut, perluasan gurun pasir, peningkatan hujan dan banjir, perubahan iklim, punahnya flora dan fauna tertentu, migrasi fauna dan hama penyakit.

Sedangkan dampak bagi aktivitas sosial-ekonomi masyarakat meliputi gangguan terhadap fungsi kawasan pesisir dan kota pantai, gangguan terhadap fungsi prasarana dan sarana seperti jaringan jalan, pelabuhan, dan bandara. Gangguan terhadap pemukiman penduduk, pengurangan produktivitas lahan pertanian sehingga petani terus menerus gagal panen, peningkatan risiko kanker dan wabah penyakit.

 

Pencegahan

Berbagai usaha memang sudah mulai digalakkan berbagai negara untuk mencegah efek dari global warming. Kita pun bisa mencegahnya mulai dari cara yang sederhana yaitu dengan menanam pohon. Minimal satu bulan satu pohon.

Selain itu ada beberapa tips yang bisa dilakukan yang bisa menjadi kegiatan positif:

  1. Matikan listrik jika tidak digunakan.
  2. Jika terpaksa memakai AC, tutup pintu dan jendela selama AC menyala. Atur suhu sejuk secukupnya, sekitar 21-24 derajat celcius.
  3. Jemur pakaian di luar ketimbang dengan mesin pengering.
  4. Hindari penggunaan plastik karena hampir semua sampah plastik menghasilkan gas berbahaya ketika dibakar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *