JAKARTA, majalahjustforkids.com – Dilansir dari website resmi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, tanggal 24 Agustus diperingati sebagai Hari Anak Jakarta Membaca atau Hanjaba.

Dengan adanya hari penting ini, masyarakat DKI Jakarta diajak untuk mengingat kembali pentingnya menumbuhkan semangat membaca sejak dini. Seperti ungkapan buku adalah jendela dunia, buku dapat membuka dan memperluas wawasan seseorang tentang berbagai hal, dalam berbagai bidang.

Beberapa buku, dalam hal ini, ditulis untuk membantu pembaca menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri, atau yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai self help books. Buku semacam ini memungkinkan pembacanya untuk mentransformasi kehidupan mereka dengan berbagai cara. Dalam rangka memperingati Hari Anak Jakarta Membaca, berikut empat buku self help yang dapat menjadi pertimbangan untuk dibaca.

  1. Atomic Habits: An Easy & Proven Way to Build Good Habits & Break Bad Ones

Atomic Habits merupakan buku tulisan James Clear, salah satu pakar habit formation ternama di dunia. Dalam bukunya, Clear menjelaskan cara untuk membangun kebiasaan yang baik, berhenti melakukan kebiasaan yang buruk, dan hal-hal kecil yang bisa membuahkan hasil yang luar biasa.

Sepanjang membaca, kamu akan terinspirasi oleh peraih medali emas dalam olimpiade, artis pemenang penghargaan, pemimpin perusahaan, dan komedian sukses yang sudah menerapkan kebiasaan-kebiasaan kecil yang baik dan menjadi yang terbaik dalam bidangnya. Apa pun mimpimu, buku ini dapat memberikan pengetahuan dan strategi yang kamu butuhkan untuk membuatmu menjadi lebih baik setiap harinya dalam bidang masing-masing.

  1. The Gifts of Imperfection

Setiap hari, kita dihadapkan dengan pemikiran orang-orang di sekitar kita tentang siapa kita dan bagaimana kita harus bertindak. Dituntut untuk selalu ada dalam keadaan yang baik-baik saja atau kita akan merasa tidak berdaya. Bertanya-tanya tentang: “Bagaimana jika saya tidak dapat memenuhi ekspektasi orang lain terhadap saya?” atau “Apa yang akan orang lain pikirkan tentang saya apabila saya gagal atau menyerah?”

Dalam The Gifts of Imperfection, Brene Brown, Ph.D., menjelaskan bagaimana seseorang bisa bangun di pagi hari dengan keyakinan bahwa: “Terlepas dari apa yang berhasil dan tidak berhasil saya lakukan hari ini, sesungguhnya saya itu cukup.” Hingga pergi tidur di malam hari dan mengatakan: “Saya bukanlah orang yang sempurna, tetapi itu tidak akan mengubah fakta bahwa saya layak untuk dicintai.”

  1. How to Win Friends and Influence People

Sejak dirilis pada tahun 1936, buku ini telah terjual lebih dari 15 juta kopi. Sang penulis, Dale Carnegie, percaya bahwa kita bisa membuat segala situasi membawa manfaat bagi kita. Melalui buku ini, kita akan diperkenalkan pada 6 cara membuat orang lain menyukai kita, 12 cara memengaruhi orang lain, dan 9 cara mengubah orang lain tanpa menimbulkan perselisihan.

  1. Grit: The Power of Passion and Perseverance

“Mengapa beberapa orang berhasil dan beberapa orang lainnya gagal?” Dalam bukunya, Angela Duckworth berargumen bahwa rahasia dari kesuksesan bukanlah talenta melainkan ketekunan yang memiliki fokus, atau yang disebutnya sebagai grit. Menemukan apa yang benar-benar kita sukai (passion) dan bertekun (perseverance) bisa membuat segalanya menjadi berbeda. Buku ini adalah a mustread untuk kamu yang sedang berjuang meraih kesuksesan!

Akhirnya, itulah rekomendasi buku self help yang bisa kamu baca untuk membantu kamu menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri. Selain membaca buku, kamu juga bisa memperluas wawasanmu dengan membaca berbagai blog yang menyajikan informasi yang tak kalah bermanfaat dengan yang ada di dalam buku.

Salah satunya adalah dengan mengunjungi blog ruangguru. Melalui blog ruangguru, kamu bisa mengakses informasi seputar pelajaran, kampus, hingga fakta-fakta seru yang tidak kamu ketahui sebelumnya. Bagaimanapun caramu, yuk, bersama rayakan Hari Anak Jakarta Membaca!

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *