Indonesia adalah bagaikan sebuah rumah yang penuh dengan pertumbuhan dan talenta. Dari komunitas kreator konten yang membagikan apa yang mereka sukai secara online, kreator konten Indonesia haus akan pengetahuan dan terus mendefinisikan ulang apa artinya menjadi seniman, penghibur, dan pemimpin opini dimanapun mereka berada. YouTube dibangun di atas premis keterbukaan. Dengan keterbukaan membuka kesempatan, membina komunitas dan yang terpenting, membuka kesempatan belajar.

Menurut data YouTube, waktu tonton video terkait pengetahuan, yang mencakup topik-topik seperti sains, humaniora, bisnis, dan hukum, di Indonesia dalam satu tahun terakhir hingga Juni 2020 tumbuh lebih dari 80 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. “Video seperti ini memungkinkan cerita seperti bagaimana YouTube membantu seorang siswa mengerjakan pekerjaan rumah matematikanya, seorang mekanik di Sukabumi membuat helikopter, atau bahkan seorang siswa SMA membuat robot untuk membantu bisnis ibunya sebagai penjual jajanan kaki lima muncul dan menginspirasi lebih banyak kreator. Yang lebih menginspirasi adalah melihat bagaimana kreator konten di seluruh negeri membawa YouTube sebagai platform untuk komunitas orang – orang dengan minat dan passion yang sama, juga pembelajar seumur hidup berkumpul,” jelas Ibu Feliciana Wienathan, Communication Manager, Google Indonesia.

“Kreator seperti alumni NextUp Adithya Sofyan dan Jessica Veranda, atau Edukreator seperti Kok Bisa dan Jerome Polin dan banyak lagi di luar sana, mengubah YouTube menjadi tempat di mana mereka dapat menuangkan kreativitas, ruang kelas dan rumah terbesar di dunia untuk semua orang. Inilah mengapa kami berkomitmen untuk terus mendukung komunitas kreator konten untuk berkembang, menemukan komunitas, mendobrak hambatan dan membuka peluang diri mereka – melalui berbagai inisiatif yang dapat mendukung perkembangan mereka, sehingga mereka dapat melanjutkan untuk meningkatkan keterampilan diri di samping pertumbuhan kanal YouTube mereka. Beberapa inisiatif yang kembali tahun ini antara lain: YouTube Next Up dan Akademi Edukreator,” tambah Ibu Felicia.

YouTube NextUp adalah sebuah inisiatif yang diluncurkan pada tahun 2017 dan didedikasikan untuk membina kreator konten baru untuk mempercepat pertumbuhan kanal dan membawanya ke tingkat berikutnya. Dari inisiatif ini, telah terpilih 12 kreator dari berbagai kategori entri yang melampaui batas bahasa, wilayah, atau genre konten, di seluruh Indonesia. Masing – masing menerima kit produksi dengan nilai sebesar Rp 14.500.000 untuk membantu meningkatkan kanal mereka, juga telah menghadiri kamp virtual imersif selama 3 minggu yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan kanal mereka, dan menghadirkan kreator dan praktisi top Indonesia untuk berbagi wawasan, khususnya pada produksi video dan pengembangan strategi konten. Di luar itu, minggu ini juga menandai pertama kalinya “YouTube Week” dibuka untuk umum. Tiga hari dengan lebih dari dua belas workshop dari tim pakar YouTube yang berfokus pada cara meningkatkan pertumbuhan kanal.

Selain itu, untuk menambah kemeriahan Hari Guru Nasional tahun ini, bersama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Kok Bisa dan YouTube Learning akan mengadakan live streaming penganugerahan Akademi Edukreator bertajuk “Pesta Penghargaan Akademi Edukreator 2021” untuk merayakan para guru, pelajar, dan profesional yang telah mengikuti lebih dari sepuluh kelas Akademi Edukreator yang berfokus pada konten vokasi, akademisi, edutainment, dan pendidikan kesehatan masyarakat. Siaran langsungnya akan ditayangkan serentak di kanal Kok Bisa dan Kemendikbud RI pada Sabtu, 27 November 2021, 19:00 – 19:35 WIB dan dihadiri oleh Bp. Iwan Syahril, Dirjen GTK Kemendikbud RI serta para edukreator terpilih yang akan menjadi finalis penghargaan. Komunitas adalah inti dari apa yang kami lakukan di YouTube. Antusiasme, energi, dan rasa kebersamaan di antara para kreator konten YouTube di Indonesia; Komunitas adalah inti dari apa yang kami lakukan di YouTube. Antusiasme, energi, dan rasa kebersamaan di antara para kreator konten YouTube di Indonesia benar-benar menginspirasi. Kami ingin terus mendukung dan memberdayakan para kreator dan seniman ini. Bersama kita dapat terus berkreasi dan menghasilkan konten yang tidak hanya memajukan bangsa tapi juga dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia,” tutup Ibu Felicia.

(Foto : Ist)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *