Shopee Catatkan 4 Kategori Favorit Alami Lonjakan Selama Puncak Big Ramadhan Sale #ShopeeDariRumah

Suasana Ramadan dan Lebaran tahun ini berbeda akibat pandemi Covid-19. Perubahan pola perilaku serta gaya hidup masyarakat sudah terlihat pada Ramadan kali ini mulai dari cara bekerja, kegiatan usaha hingga tren belanja online.

Ya, di tengah situasi pandemi ini, penjual serta mitra brand berupaya mengembangkan usaha dalam kanal online dan di saat yang sama, masyarakat memilih belanja online sebagai destinasi utama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Moms, termasuk di antaranya, bukan?

Untuk memberikan akses yang lebih baik terhadap berbagai kebutuhan esensial masyarakat di seluruh Indonesia, Shopee, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, menghadirkan kampanye Big Ramadhan Sale 2020 #ShopeeDariRumah yang telah berlangsung dari tanggal 6 April hingga 25 Mei 2020 mendatang. 

Dari kampanye tersebut, Shopee mencatat pencapaian terbaru, yakni peningkatan transaksi 4x lipat dari 4 kategori terfavorit selama kampanye berlangsung dibandingkan dengan kampanye di tahun sebelumnya.

“Empat kategori favorit itu ada di kategori pakaian muslim, perlengkapan rumah, makanan dan minuman, serta kebutuhan ibu dan bayi. Produk-produk ini biasanya memang naik (transaksinya) pas Ramadan dan Lebaran. Tapi berhubung adanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan imbauan #dirumahaja, ada peningkatan pada produk lain, seperti kebutuhan sehari-hari,” ujar Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia pada acara Livestream Press Conference: Post Big Ramadhan Sale 2020 #ShopeeDariRumah pada Selasa sore (19/05). Ia melanjutkan, produk yang paling dicari dan banyak dibeli pada saat Big Ramadan Sale 2020 lalu adalah gamis, masker dan baju koko.

Selain itu, Shopee juga mencatat perubahan perilaku yang signifikan oleh pengguna sejak adanya pandemi Covid-19. “Ada perubahan tren, sekarang makin banyak orang beralih ke digital. Kami mencatat beberapa angka menarik. Seperti, terjadi lebih dari 10 juta chat per hari di fitur Shopee Live Chat. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia cenderung lebih sering membeli, menjual serta berinteraksi secara online di tengah upaya social distancing.  Lalu 40 persen transaksi sekarang sudah melalui ShopeePay, yang tadinya melakukan pembayaran lewat transfer bank atau COD (cash on Delivery) mulai beralih ke cashless payment. Nah, yang terakhir yang sedang viral dan banyak diomongin oleh netizen yaitu game Shopee Tanam. Sudah ada lebih dari 90 pohon yang telah ditanam,” katanya.

Selama kampanye berlangsung, Shopee memberikan penawaran dan keuntungan terbaik dalam periode yang lebih lama, seperti Shopee Tanam dengan Total Hadiah THR 10 Miliar, Gratis Ongkir XTRA untuk toko bertanda khusus, dan Pasti Diskon 50% yang dapat dinikmati oleh para pengguna.

Selain kemeriahan belanja, Shopee sekaligus mengumumkan total zakat dan donasi dari para pengguna yang akan disalurkan melalui BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) dan Benihbaik. Sebanyak Rp 730,063,429 dana telah terkumpul sejak kampanye Big Ramadhan Sale dimulai hingga tanggal 15 Mei. Sebagian dari total donasi yang terkumpul digunakan oleh BAZNAS untuk berbagi dengan ribuan mustahik atau mereka yang berhak menerima zakat di wilayah Jabodetabek.

Sedangkan sebagiannya lagi disalurkan melalui BenihBaik, termasuk dalam program ‘Dukungan Sembako untuk COVID-19’ untuk membagikan kebutuhan sembako dan masker bagi orang yang tidak dapat melakukan kegiatan ekonomi di tengah pandemi ini.

“Kami senang dapat selalu memberikan akses secara luas kepada masyarakat, khususnya pengguna Shopee yang ingin berbagi kebaikan terhadap sesama hingga saat ini. Kami berharap inisiatif baik ini dapat terus terlaksana, guna memberikan dampak positif di kemudian hari,” tanggap M. Arifin Purwakananta, Direktur Utama BAZNAS.

Ditambahkan oleh Handika, para pengguna Shopee masih memiliki kesempatan untuk berbagi karena donasi masih dibuka hingga akhir Mei 2020 lewat aplikasi Shopee. Selain donasi, Shopee juga menyalurkan dukungan Covid-19 kepada para UMKM.

“Ini merupakan program stimulus Shopee agar mereka bisa terus berproduksi dan berpartisipasi dalam pergerakan ekonomi di masa yg sulit ini. Kita memberikan total 100 miliar Rupiah yang telah dinikmati oleh lebih dari 200.000 UMKM di seluruh Indonesia,” tutup Handika.

(Foto: Istimewa)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *