YOGYAKARTA, majalahjustforkids.com – Acer sebagai perusahaan ICT terkemuka di dunia dan pemain utama di industri PC Indonesia menjadi pendukung resmi International Olympiad in Informatics (IOI) yang tahun ini diselenggarakan di Yogyakarta, Indonesia, mulai 7 hingga 15 Agustus 2022. Acer menghadirkan laptop untuk semua kontestan di lokasi guna merancang algoritma dan melakukan tugas pemrograman. IOI merupakan salah satu dari sejumlah olimpiade sains internasional yang diadakan setiap tahun di seluruh dunia. Pada kali ini, lebih dari 350 siswa sekolah menengah setara SMK dan SMA dari 80 negara lebih bersaing dalam kompetisi yang mengasah keterampilan informatika. Kompetisi ini turut didukung oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, dan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta.

“IOI merupakan sarana bagi siswa sekolah menengah dari berbagai negara untuk dapat bersaing dalam kompetisi yang berkaitan dengan informatika. Dengan menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah IOI ke-34, kami berharap pelaksanaan IOI akan berlangsung baik dan memberikan dampak positif yang besar bagi perkembangan transformasi digital pendidikan di negara yang menyelenggarakan,” kata Bapak Benjamin Burton, President International Olympiad in Informatics.

Dukungan Acer dalam penyelenggaraan olimpiade ini telah dilakukan sejak 2018 dan merupakan kontribusi bagi perkembangan akselerasi pendidikan. Acer membawa misi edukasi dalam rangka menjembatani hubungan antara teknologi dan manusia lewat penyediaan pendidikan yang berkualitas sehingga dapat diakses oleh lebih banyak orang. Hal ini selaras dengan tujuan Acer for Education dalam upaya mengakselerasi proses digitalisasi di bidang pendidikan.

Dalam dunia pendidikan, Acer Indonesia berpedoman pada penerapan empat pilar ekosistem transformasi digital. Pertama, Acer ingin dapat menjadi bagian dalam menguatkan Human Resources melalui beberapa langkah konkrit seperti yang dilakukan pada acara International Olympiad in Informatics (IOI). Kedua, menghadirkan platform Jelajah Ilmu agar ekosistem pendidikan digital menjadi terintegrasi. Ketiga, menunjang pemenuhan dukungan digital dengan menghasilkan produk-produk dengan komponen fisik (hardware) yang sudah memiliki sertifikasi TKDN. Keempat, memberikan perlindungan data melalui cyber security services.

“Acer selalu mendukung penuh kegiatan yang berdampak besar bagi perkembangan kualitas pendidikan di dunia. Dengan terselenggaranya Olympiad in Informatics di Indonesia, Acer berharap kompetisi ini dapat meningkatkan mutu pendidikan yang telah berjalan dengan baik di Tanah Air sehingga dapat menghasilkan anak bangsa dengan talenta yang unggul,” kata Bapak Herbet Ang, President Director Acer Indonesia.

Sebagai pendukung resmi IOI 2022, Acer menyediakan laptop Acer Aspire 3 untuk semua kontestan yang berlaga. Model Aspire 3 dipilih karena memiliki keypad numerik terdedikasi yang memberikan efektivitas tinggi bagi kontestan untuk memecahkan persoalan algoritma dan melakukan kalkulasi super cepat dalam setiap soal yang diujikan. Setelah kompetisi, laptop Aspire 3 tersebut akan disumbangkan ke sekolah-sekolah terpilih sebagai bagian dari program Acer for Education di Indonesia.

(Foto : Ist)

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *