Melalui #MulaidariPilihanku Sustaination Ajak Masyarakat untuk Bijak Mengelola Sampah

Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh tanggal 21 Februari, Sustaination  menggandeng River Clean Up Indonesia untuk mengadakan movement yang bertajuk HPSN  2022 Challenge #MulaidariPilihanku. Inisiasi ini telah dimulai terhitung dari tanggal 9 Februari  2022 lalu. Mengajak masyarakat untuk bijak dalam mengelola sampah, Sustaination beri  tantangan untuk mengelola sampah selama 3 minggu dengan mengurangi, memakai ulang  (Reuse), serta mengompos dan mendaur ulang sampah.

Teringat kembali saat Indonesia menghadapi salah satu hari duka nasional, sebuah tragedi  meledaknya TPA Leuwigajah yang merenggut ratusan jiwa dan kemudian menjadi memori  yang diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional. Oleh sebab itu, Sustaination  mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam memperingati memori tersebut melalui  tantangan 3 minggu mengelola sampah. Sustaination bekerja sama dengan komunitas River  Clean Up untuk berkolaborasi dalam mengumpulkan sejumlah sampah di kota Bandung.

Dalam rangkaian movement HPSN Clean Up Challenge, Sustaination ingin menyampaikan 3  (tiga) hal kepada masyarakat yaitu: Mengurangi peredaran sampah rumah tangga untuk  membawa kesadaran bahwa TPA sudah penuh oleh sampah, Memakai kembali sampah yang  dapat di reuse, serta mengompos dan mendaur ulang kembali sampah yang ada untuk  mengurangi sampah yang ada di lingkungan sekitar. Setiap minggunya Sustaination akan  membagikan tema untuk diikuti audiens, setiap postingan Instagram Stories yang diberikan  oleh audiens sama dengan berkontribusi dalam mengangkat 100 gram sampah diperairan,  dan setiap postingan Instagram Feeds dan Reels sama dengan berkontribusi dalam  mengangkat 500 gram sampah diperairan.

Lewat gerakan ini Sustaination ingin memberikan kesadaran bahwa, apapun bisa kita lakukan  sebagai upaya berkontribusi terhadap lingkungan. Tidak perlu langkah ‘besar’ untuk memulai,  cukup berbekal kesadaran dan pilihan untuk menjadi lebih baik khususnya dalam mendukung  kesejahteraan lingkungan untuk masa depan bumi kita. bersama Sustaination mari  #MulaidariPilihanku.

Tidak sendiri, Sustaination mengajak komunitas penggiat lingkungan untuk turut mendukung  movement ini. Bersama #SayaPilihBumi, Waste4Change, Green Rebel, Burgreens, Males  Nyampah, serta World Cleanup Day Sustaination berkomitmen penuh untuk mendukung  pengelolaan sampah dengan bijak dan benar.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *