Jakarta, majalahjustforkids.com – Bantuan dari berbagai pihak terus berdatangan untuk membantu korban bencana gempa Cianjur yang terjadi pada tanggal 21 November lalu. Musibah ini banyak merenggut korban jiwa maupun harta benda.  Dikutip dari laman Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pos Komando (posko) Penanganan Darurat Bencana Gempa Cianjur per 1 Desember 2022, tercatat korban meninggal sebanyak 328 jiwa dan 12 lainnya yang masih dinyatakan hilang dan masuk Daftar Pencarian (DP). Untuk menyelesaikan DP ini, Posko memutuskan untuk memperpanjang masa pencarian korban hilang selama tiga hari, terhitung pada 1 hingga 3 Desember 2022.

Sejalan dengan tanggung jawab sosial perusahaan, Allianz Indonesia melalui Allianz Peduli bekerja sama dengan Jawa Barat Bergerak (Jabar Bergerak) telah mengirimkan donasi bantuan pada tanggal 23 November 2022 lalu.

Dana sebesar Rp 400 juta ini disalurkan untuk membantu para korban bencana di lokasi. Kebutuhan mendesak yang sampai saat ini masih sangat diperlukan oleh warga yang harus mengungsi di antaranya adalah tenda, alas tidur, selimut, obat-obatan, terpal, penerangan, peralatan dapur umum, toilet portable, air mineral, kain kafan, alat kesehatan, makanan siap saji, sembako dapur umum, hingga popok bayi dan dewasa.

Rasa belasungkawa turut disampaikan oleh Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli kepada warga Cinajur.Pengiriman donasi melalui Jabar Bergerak ini merupakan wujud kepedulian kami dengan sesama. Kami memastikan untuk turut serta berkontribusi dalam membantu masyarakat yang saat ini masih dalam pengungsian, dan masih harus berjuang menghadapi banyaknya gempa susulan,” katanya.

Tenda Bantuan Allianz yang disalurkan oleh Jabar Bergerak di Posko Tanggap Bencana Korban Gempa Cianjur

Penyerahan donasi dana bantuan secara simbolis untuk korban gempa Cianjur dari Allianz Indonesia melalui Jabar Bergerak telah dilakukan pada hari Kamis 1 Desember 2022, bertempat di Gedung Pakuan Bandung. Hadir dalam acara tersebut Pendiri sekaligus Ketua Umum Jabar Bergerak, Ibu Atalia Praratya Ridwan Kamil, dan juga dr.Siska Gerfianti, M.H.Kes. Sp.DLP selaku Wakil Ketua Umum Kerjasama, Kemitraan dan Hubungan Antar Lembaga Jabar Bergerak.

Disampaikan oleh dr. Siska dalam acara tersebut, pelaksanaan penyaluran bantuan yang dilakukan oleh Jabar Bergerak saat ini mengikuti fokus arahan pemerintah dan meliputi tiga tahapan atau kategori, yaitu bantuan jangka pendek untuk penanganan awal bencana, bantuan jangka menengah untuk memastikan kesehatan dan kenyamanan para pengungsi korban gempa, serta bantuan jangka panjang meliputi rekonstruksi dan renovasi dari rumah, bangunan dan fasilitas umum yang terdampak.

Dijelaskan juga hingga tanggal 1 Desember 2022, telah terkumpul dana dari 4.745 donatur baik perorangan maupun perusahaan dengan total bantuan yang terkumpul senilai lebih dari Rp 3,6 miliar. Selain bantuan berupa dana juga terkumpul bantuan barang seperti vitamin, alat mandi, makanan siap saji, pakaian, dan sebagainya yang berasal dari 35 donatur perorangan dan 25 donatur perusahaan/komunitas.

“Sebagai ibu dari warga Jawa Barat, khususnya warga Cianjur, kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas begitu besar dan banyaknya perhatian dan bantuan dari masyarakat luas atas terjadinya bencana ini. Begitu banyak masyarakat luas yang berbondong-bondong mengunjungi lokasi bencana untuk memberikan bantuan dan menjadi relawan. Namun demikian hal ini menjadi tantangan baru karena menyebabkan kemacetan dan kepadatan yang luar biasa sehingga banyak bantuan yang tidak bisa tersalurkan dengan cepat,” ungkap Ibu Atalia.

Sejak terjadinya Pandemi, Jabar Bergerak telah dipercaya sebagai salah satu organisasi untuk menyalurkan berbagai bantuan kemanusiaan. “Semua bantuan tersebut selanjutnya dikelola dan disalurkan secara Amanah oleh Jabar Bergerak yang merupakan relawan murni sehingga keseluruhan dana yang dititipkan akan disampaikan kepada masyarakat korban bencana,” tegasnya.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *