Semangat dalam mendukung pemerataan akses terhadap materi pendidikan berkualitas bagi jutaan siswa-siswi di Indonesia, khususnya selama kegiatan belajar dialihkan ke rumah, Ruangguru, aplikasi belajar terbesar di Asia Tenggara, meluncurkan program Belajar di Rumah Aja, dimana materi belajar Sekolah Online Ruangguru disiarkan melalui kanal televisi RTV sejak Senin, 27 April 2020. Siaran pendidikan tersebut berlangsung setiap hari Senin sampai Jumat pukul 07:30 – 08:00 WIB.

Siaran pendidikan tersebut menayangkan materi pelajaran kelas 1 hingga 3 SD. Setiap harinya, Sekolah Online Ruangguru mengangkat satu episode dengan satu topik tematik berisikan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika untuk satu jenjang pendidikan, yang ditayangkan secara bergilir dan dipandu oleh para Master Teachers Ruangguru. Setelah tayangan selesai pada pukul 08:00 WIB, siswa dapat melanjutkan proses belajar mereka di Sekolah Online Ruangguru secara gratis melalui aplikasi belajar Ruangguru hingga pukul 12:00 WIB.

Hadirnya Sekolah Online Ruangguru di kanal televisi merupakan gagasan Ruangguru guna mendukung proses pembelajaran siswa, khususnya bagi mereka yang memiliki keterbatasan akses internet maupun akses terhadap perangkat teknologi.

“Dengan menghadirkan Sekolah Online Ruangguru sebagai tayangan di kanal televisi, kami ingin mempermudah dan memperluas akses terhadap materi pendidikan berkualitas bagi seluruh siswa di Indonesia. Kami menyadari bahwa keterbatasan jaringan dan koneksi internet dapat menjadi penghalang. Di sisi lain, kami memahami bahwa saluran televisi masih menjadi media pembelajaran dan penyampaian pesan yang amat populer bagi siswa dan keluarga di Indonesia. Oleh karena itu, dengan inisiasi ini, kami harap video belajar kami dapat menjangkau lebih banyak lagi siswa di berbagai daerah di Indonesia,” ucap Pendiri dan Direktur Produk & Kerja Sama Ruangguru, Kak Iman Usman.

Para siswa yang berada di jenjang pendidikan di atas kelas 3 SD juga dapat memanfaatkan layanan Sekolah Online Ruangguru secara gratis di aplikasi Ruangguru, dimana tersedia 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional, mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), pukul 08:00 – 12:00 WIB. Selain fasilitas live teaching, para siswa dapat terus melatih pemahamannya melalui fitur Bank Soal dan Online Tryout secara gratis.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *