Matahari adalah pusat tata surya di jagat raya. Bentuknya seperti yang kita lihat seolah-olah bulat seperti bola, padahal tidak terlalu bulat.

Matahari juga disebut bintang karena mampu memancarkan cahayanya sendiri. Itu dikarenakan Matahari mengalami pertukaran zat hydrogen dan helium yang membentuk reaksi nuklir. Sinar Matahari menempuh masa delapan menit untuk sampai ke Bumi.

Matahari memancarkan sinarnya tidak hanya ke Bumi, tetapi juga ke planet-planet yang ada di tata surya lainnya. Karena sangat terang, sehingga pada siang hari kita tidak bisa melihat bintang-bintang lainnya yang ada di angkasa.

Hal tersebut diperkirakan telah berlangsung 5.000.000.000 (5 miliar) tahun lalu dan akan terus seperti itu sampai waktu yang belum diketahui. Hingga kini, para ilmuwan belum dapat mengetahui kapan sinar Matahari akan padam.

Termasuk Bintang
Matahari adalah sebuah bintang putih kekuning-kuningan dengan diameter 1.390.000 kilometer dan berada pada jarak 150.000.000 kilometer dari Bumi. Lapisan luarnya disebut fotosfer, mempunyai suhu setinggi 6.000 derajat celcius, bagian intinya mencapai 17.000.000 derajat celcius.

Ada banyak fungsi dan manfaat yang dimiliki Matahari untuk kelangsungan alam dan makhluk hidup yaitu:
-Matahari membuat Bumi tetap hangat bagi kehidupan, membuat udara dan air di Bumi bersirkulasi, tumbuhan bisa berfotosintesis, dan banyak hal lainnya.
-Menjadi sumber energi (sinar panas). Energi yang terkandung dalam batu bara dan minyak bumi, sebenarnya juga berasal dari Matahari.
-Menjadi pengontrol bagi stabilitas peredaran Bumi yang juga berarti mengontrol terjadinya siang dan malam, tahun serta mengontrol planet lainnya.   Tanpa Matahari, sulit membayangkan kalau akan ada kehidupan di Bumi.

 

Teks & Ilustrasi : JFK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *