Kids, dunia kita bisa terang karena adanya sinar matahari. Kita pun mungkin akan merasakan panas yang luar biasa, dari sinar bintang istimewa ini. Nah, ayo kita lihat beberapa hal menarik tentang matahari!

“Pemersatu” Tata Surya

Tanpa matahari, bumi dan planet-planet lain di tata surya akan terpisah-pisah. Matahari  menyatukan bumi kita dan planet-planet lain di tata surya dengan gaya tarik gravitasinya yang luar biasa.

Sumber Kehidupan

Matahari adalah sumber energi utama bagi kehidupan di bumi. Tanpa matahari, bumi akan menjadi sangat dingin dan kehidupan dalam bentuk apa pun akan musnah.

Berapa Usia Matahari?

Menurut para ilmuwan, usia bintang kita ini 4,5 miliar tahun! Wah, tua sekali, ya? Hihihi! Usia matahari sama dengan usia tata surya, karena terbentuk pada saat yang bersamaan.  Para ilmuwan meneliti bebatuan di bulan untuk mendapatkan data yang pasti dan akurat akan usia matahari.

Akhir Usia Matahari

Masa hidup bintang berkisar antara 9 sampai 10 miliar tahun. Ini berarti matahari kita masih memiliki sisa hidup 4 sampai 5 miliar tahun lagi, Kids! Ketika usia itu sudah tercapai, matahari akan menjadi raksasa merah (red giant). Matahari akan jadi lebih besar dan dingin, tapi memiliki sinar yang lebih terang dari sekarang. Wow!

Struktur Matahari

Matahari dan bumi sama-sama memiliki struktur yang berbeda. Tapi, berbeda dengan bumi yang memiliki struktur padat, seluruh struktur matahari hanya terdiri dari gas.

Pengamatan Matahari

Para ilmuwan mempelajari matahari dengan bantuan satelit-satelit seperti SOHO (Solar and Heliospheric Observatory), Solar Orbiter, dan Parker Solar Probe.

 

 

 

Teks: JFK    Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *