Tanya: Halo dokter, namaku Dio usiaku 10 tahun. Kenapa ya dok, setelah bermain game di hp, mataku jadi perih dan terasa panas. Apakah kelamaan main hp bisa sebabkan mata sakit? Bagaimana ya agar aku bisa tetap main hp tapi mataku tidak sakit? Dio, Kelas 4 – Depok      

Jawaban dari Dokter Dian:
Bermain gadget/handphone/melihat screen dalam jangka waktu yang lama dan non-stop dapat mengakibatkan mata menjadi lelah. Saat asyik bermain, mata akan lebih jarang berkedip, sehingga lapisan air mata menguap lebih cepat. Hal ini mengakibatkan mata kering dan jika dibiarkan lama, dapat menjadi iritasi. Itu sebabnya Dio merasa matanya perih dan panas.

Selain itu, saat bermain gadget, otot-otot di dalam bola mata akan bekerja lebih kuat untuk memfokuskan penglihatan dekat. Lama-kelamaan, mata akan menjadi sakit, pegal, terkadang disertai pusing dan mual.

Agar mata tidak lelah, Dio bisa berikan jeda waktu bagi mata untuk istirahat dari gadget. Misalnya, setiap 20 menit bermain, istirahatkanlah mata dengan cara melihat ke benda lain yang jauh atau pemandangan di luar jendela selama 20 detik.  Selain itu, Dio bisa buat jadwal waktu bermain gadget yang disepakati bersama orangtua, misalnya 1,5 jam sehari, terbagi menjadi 2 sesi.
Pada selang sesi tersebut, Dio dapat imbangi dengan aktivitas bermain yang lain, ya.

Konsultan:

dr. Dian Astriani, Sp.M
Dokter Spesialis Mata
RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

(Ilustrasi : Agung)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *