Kids, menurut kalian, makanan apa yang paling gampang dimasak? Sebagian besar dari kalian pasti menjawab mie instan. Ya, mie instan memang banyak disukai orang karena kemudahannya dalam memasak. Cukup direbus dan ditambah bumbu instan, mie pun siap disantap. Sangat mudah, bukan?! Mungkin kita harus berterimakasih kepada Mamofuku Ando, orang Jepang keturunan Taiwan yang lahir pada tahun 1911 ini. Karena dialah si pencipta mie instan.

Usia 3 Tahun

Sejak usia 3 tahun, Mamofuku Ando memang sudah dibiasakan membantu Neneknya mengurus rumah. Saat dewasa, Ando kemudian menjalani pekerjaan sebagai seorang pedagang pakaian rajutan. Usahanya pun berjalan maju. Malangnya, Ando dituduh melakukan korupsi sehingga dia harus dijebloskan ke dalam penjara selama 2 tahun. Pada tahun 1950-an, Jepang dilanda krisis pangan. Sehingga, Amerika Serikat pun berusaha membantu dengan mengirimkan gandum dalam jumlah yang banyak. Akibatnya, harga tepung terigu menjadi murah. Bahan tepung terigu yang berlebih tersebut banyak dibuat menjadi mie.

Keluar Penjara

Ando yang baru keluar dari penjara, memiliki ide untuk menciptakan mie yang bisa dimasak dengan cepat dan mudah. Tahun 1958, mie instan buatan Ando ditawarkan ke sebuah toko. Ternyata, mie instan tersebut laku keras. Pada Desember 1958, Ando mendirikan sebuah perusahaan bernama Nissin Foods. Sejak saat itu, Ando banyak melakukan perbaikan terhadap mutu mie instan buatannya. Tahun 1988, di usianya yang menginjak 77 tahun, Ando mendirikan sebuah bangunan yang diberi nama Istana Mie di Jepang. Di Istana Mie itu terdapat beberapa restoran mie, tempat disko, dan museum mie instan. (JFK/DRW Ilustrasi : JFK)

You may also like
Latest Posts from

1 Comment

  1. Keren banget gan.. membuat saya menjadi tertarik untuk mengembangkan
    mirip dengan ini : https://mesinmie.id/cara-membuat-seblak-mie/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *