Pernah makan manggis, Kids? Buah manggis biasanya memiliki kulit berwarna ungu tua dan daging buah berwarna putih susu. Tapi, bagaimana kalau ada manggis yang kulitnya juga putih, ya?

Sama seperti namanya, manggis putih memiliki kulit berwarna putih. Eits, tapi warna putihnya cuma ketika mereka masih muda, ya. Menjelang panen, warna kulit manggis ini akan berubah kemerahan seperti layaknya manggis pada umumnya.

Buah Para Raja

Manggis putih banyak ditemui di daerah Lingsar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Konon katanya, manggis ini adalah peninggalan raja-raja Bali yang pernah berkuasa di Lombok pada abad ke-18 silam. Wah, manggisnya para raja, dong?

Tak heran kalau buah manggis putih dijuluki buahnya para raja, karena rasanya lebih manis dan daging buahnya lebih renyah. Belum lagi harga manggis ini juga lebih mahal daripada manggis pada umumnya, lho.

Tanaman Kuat

Buah manggis putih tergolong lebih berat dari manggis umumnya, yaitu sekitar 2-2,5 ons per buahnya. Pohon manggis ini juga tahan hama dan menghasilkan sampai 50 kg buah dalam sekali panen. Tanaman buah ini tergolong kuat karena bisa hidup di berbagai kondisi. Tapi, karena manggis putih termasuk jenis tanaman tropis, idealnya ditanam di ketinggian sekitar 500-600 meter di atas permukaan laut (dpl). (JFK/Nov)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *