Pandemi Covid telah membawa perubahan dalam perilaku perjalanan pelanggan. Begitu menurut survei bertajuk Travel in 2021 yang dilakukan platform perjalanan digital Agoda saat peluncuran Agoda Special Offers.

Survei tersebut mengungkapkan lima cara teratas bagaimana orang melakukan perjalanan saat ini, yakni dengan melakukan perjalanan jarak dekat, menjelajahi destinasi lokal baru, mencari pengalaman sebagai bagian dari akomodasi, menggunakan agen perjalanan online (OTA) seperti Agoda untuk mencari penawaran perjalanan, serta memilih akomodasi sebagai destinasi itu sendiri, bukan sekadar tempat untuk tidur.

“Yang kami lihat saat ini, tanpa perjalanan internasional, ribuan hotel di dalam negeri mencoba menangkap keinginan pelanggan dan menciptakan pemasukan dari berkurangnya peserta perjalanan. Sementara beberapa wisatawan mungkin tahu dengan jelas penawaran yang mereka inginkan dan dimana mendapatkannya, kebanyakan orang tidak tahu pilihan apa yang tersedia. Disinilah Agoda Special Offer dapat membantu, baik untuk bisnis perhotelan maupun pelanggan. Keahlian teknologi dan pemasaran Agoda dapat menempatkan hotel di hadapan konsumen dengan cara yang jauh lebih efisien daripada yang dapat dilakukan sendiri oleh sebagian besar hotel pada skala seperti itu, karena biaya, kurangnya waktu, atau kesadaran merek yang terbatas. Pada saat yang sama, wisatawan menikmati kemudahan dengan membandingkan penawaran terbaik untuk F&B, spa, upgrade, dan sejenisnya, dalam satu platform yang mudah digunakan,” ujar Gede Gunawan, Senior Country Director Agoda Indonesia.

Agoda Special Offers dapat membantu hotel memanfaatkan teknologi dan jangkauan pemasarannya. Para partner hotel Indonesia dapat mendaftar untuk bergabung di platform Agoda dan memilih paket eksklusif dan non-eksklusif untuk memperoleh manfaat tambahan kamar mereka, seperti fasilitas check-in di awal dan check-out lewat batas waktu, voucher makanan dan minuman, pengalaman di dalam atau di luar hotel, dan penawaran upgrade kamar khusus.

Hotel yang berpartisipasi juga akan mendapatkan keuntungan dari jangkauan dan wawasan Agoda yang luas tentang wisatawan lokal dan global, serta teknologi dan strategi pemasarannya yang kuat untuk mendorong eksposur dan konversi yang lebih tinggi dari tamu yang mencari penawaran tersebut.

“Banyak partner hotel di Indonesia dan seluruh dunia juga memiliki restoran dan dapur, spa, dan fasilitas kesehatan yang saat ini belum dimaksimalkan. Ini adalah win-win solution bagi pelanggan dan hotel, karena konsumen mendapatkan diskon besar untuk makanan atau spa dengan menginap semalam, sementara hotel dapat meningkatkan utilitas fasilitas dan menggunakan inventaris kamar saat malam. Agoda berkomitmen untuk melakukan segala yang kami bisa untuk membantu pelaku bisnis perhotelan memanfaatkan apapun permintaan perjalanan yang ada,” kata Gede Gunawan.

Wisatawan Kini Prioritaskan Experience

Wisatawan Indonesia kini lebih memprioritaskan experience (pengalaman aktivitas) seperti kelas memasak dan tur sejarah, sebagai bagian dari paket menginap di hotel, bahkan mereka termasuk wisatawan di kawasan Asia yang menyebutnya sebagai hal yang harus ada.

Benefit makanan dan minuman, serta kemudahan untuk check in di awal/late check out berada di posisi kedua dan ketiga dalam daftar hal-hal yang harus ada. Demikian temuan survei Agoda Travel in 2021. Mengingat perjalanan domestik menjadi satu-satunya pilihan bagi banyak wisatawan di Asia Pasifik, masyarakat kini memprioritaskan cara, tujuan, dan aktivitas yang akan mereka lakukan saat berwisata, berdasarkan apa yang yang harus dimiliki sebuah akomodasi. Di kawasan ini, akomodasi-akomodasi teratas memiliki prioritas yang sama, yakni benefit makanan dan minuman di urutan teratas, diikuti experience/pengalaman. Check in awal dan check out melewati batas waktu ada di posisi selanjutnya. Upgrade kamar dan manfaat kesehatan seperti voucher spa ada di urutan 4 dan 5.

“Sebelumnya, hotel adalah basis wisatawan untuk menjelajahi wilayah lokal, terutama bagi wisatawan mancanegara. Kini, dengan pengunjung domestik dan perjalanan staycation mendominasi rencana perjalanan, orang ingin meningkatkan pengalaman akomodasi karena mereka mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di hotel, dan mencari hotel yang menyediakan hiburan. Baik itu aktivitas tambahan atau sekadar kemewahan tambahan seperti makanan dan minuman, atau paket spa, atau benefit untuk late check out, cara orang menikmati liburan kini sudah berubah. Dan Agoda membantu pelanggan menemukan penawaran terbaik dengan produk Agoda Special Offers yang baru untuk membantu pelanggan mendapatkan pengalaman perjalanan yang lebih memuaskan dengan nilai terbaik saat mereka terus melakukan perjalanan hyperlocal,” tutup Gede Gunawan.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *