Tanya: Halo, namaku Nima, usiaku 11 tahun. Apa manfaat berjemur? Semenjak ada pandemi COVID-19, setiap pagi Mama menyuruhku untuk berjemur. Sebenarnya aku agak malas, karena panas hehe. Terima kasih. Nima, Kelas 5 – Medan

Jawaban dokter Cynthia:
Halo Nima, salam kenal. Vitamin D adalah vitamin larut lemak yang sangat dibutuhkan untuk tubuh. Namun, ternyata banyak sekali orang yang mengalami kekurangan vitamin D walaupun tinggal di negara tropis. Penyebabnya adalah untuk membentuk vitamin ini dari kolesterol pada kulit, kita membutuhkan paparan sinar matahari yang cukup secara langsung. Itulah sebabnya berjemur di bawah sinar matahari sangatlah penting untuk mempertahankan kadar optimal vitamin D dalam darah. Saat kita berada di bawah sinar matahari, sinar ultraviolet B akan membantu tubuh kita untuk membentuk vitamin D3 dari 17 dehidrokolesterol yang tersedia di dalam kulit. Vitamin D3 inilah yang akan dibawa ke hati dan ginjal untuk membentuk vitamin D aktif yang sangat penting dibutuhkan oleh tubuh.

Berjemur diantara pukul 10 pagi hingga pukul 3 sore, akan membantu pembentukan vitamin D3 yang bertahan dua kali lipat lebih lama dalam darah dibandingkan dengan vitamin D3 yang kita konsumsi melalui mulut. Saat matahari sedang berada di titik tertinggi di tengah hari, tubuh kita akan membentuk vitamin D3 dengan lebih efisien sehingga waktu yang dibutuhkan untuk berjemur menjadi lebih sedikit. Para ahli merekomendasikan untuk berjemur setiap tiga kali seminggu dengan menggunakan celana pendek dan kaos tanpa lengan selama 10-30 menit. Jangan lupa gunakan kacamata dan topi saat berjemur untuk melindungi wajah dan mata, ya, Nima.

Konsultan : 

dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.A
Dokter Spesialis Anak
RS Pondok Indah – Puri Indah

(Ilustrator : Agung)

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *