Menjadi seorang ibu baru membawa kegembiraan sekaligus kekhawatiran tersendiri, tentu saja kian bertambah dengan adanya pandemi COVID-19. Menurut survey terbaru yang MY BABY lakukan, 95 persen ibu merasa khawatir saat awal memandikan si kecil, serta 79 persennya mengungkapkan alasan kecemasan mereka adalah takut tubuh si kecil tergelincir ketika dimandikan. Hal ini menjadi tantangan bagi ibu baru, karena agar si kecil terhindar dari virus dan kuman, kebersihan menjadi prioritas sebagai bentuk adaptasi di era new normal. Dan, kegiatan mandi merupakan salah satu cara awal ibu mengenalkan perilaku hidup bersih sehat kepada si kecil. Menjawab kekhawatiran tersebut, MY BABY mengajak ibu melakukan kegiatan #MandiBebasWorry bersama si kecil dengan MY BABY Hair & Body Wash yang formulanya terbukti efektif membersihkan kuman hingga 99 persen.

“Waktu memandikan si kecil, dapat menjadi waktu yang penuh rasa panik bagi seorang ibu dengan peran baru. Padahal, mandi bukan hanya sekedar rutinitas membersihkan tubuh, namun mampu memperkuat ikatan emosi dengan buah hati. Bukan cuma itu, mandi juga bisa menjadi hal yang mengasyikkan bagi si kecil. Guna menemani ibu melakukan kegiatan #MandiBebasWorry, MY BABY menghadirkan MY BABY Hair & Body Wash dengan formula yang lembut dan dibuat dengan perpaduan bahan-bahan alami. Berfungsi 2 in 1, MY BABY Hair & Body Wash praktis untuk membersihkan rambut sekaligus badan si kecil. Kandungan lidah buaya dan alpukat di dalamnya, bermanfaat menjaga kelembapan kulit serta membantu pertumbuhan rambut si kecil, namun tidak licin serta mudah dibilas. Telah teruji di laboratorium terakreditasi, keefektifannya membersihkan kuman hingga 99 persen menjadikan MY BABY Hair & Body Wash sebagai pilihan bagi para ibu di tengah kekhawatiran terhadap penyebaran kuman dan virus saat pandemi ini. Bersama My Baby Hair & Body Wash, kami ingin mengajak ibu menikmati momen memandikan si kecil di era new normal dan mengubah worry jadi happy,” ujar Ibu Dahlia Yolanda, General Manager Brand Portfolio & Communication MY BABY.

Dijelaskan dokter spesialis anak dr. Rosary, Sp. A., “Memasuki era new normal seperti sekarang, Ibu pun makin khawatir dan bertanya-tanya tentang cara memandikan si kecil yang aman dari paparan virus. Karenanya, ibu perlu memperhatikan beberapa hal agar kegiatan mandi bebas worry.” Berikut 5 hal penting untuk menjawab pertanyaan yang kerap muncul dari ibu tentang memandikan si kecil di era new normal:

  1. Jika tidak dalam keadaan sakit, ibu tidak perlu menggunakan masker maupun face shield saat memandikan si kecil. Namun pastikan sebelum memegang si kecil dan mempersiapkan peralatan mandinya, ibu dalam keadaan bersih. Mandi dan gantilah baju terlebih dulu, apabila ibu dari luar rumah.
  2. Sentuhan kulit ibu di tubuh si kecil sangat penting untuk memperkuat hubungan emosional. Alih-alih menggunakan sarung tangan agar si kecil tidak terpapar virus, ibu sebaiknya mencuci tangan dengan benar sebelum memandikannya. Untuk menghindari si kecil tergelincir, pastikan selalu memegang si kecil dengan satu tangan menyangga kepala dan dan satu tangan lain untuk memegang tubuh saat masuk ke air. Jaga kepala si kecil tetap berada di atas air dengan memegang dasar kepala dan bahu.
  3. Menjaga kehigienisan tubuh si kecil, salah satunya dengan mandi, dapat melindungi si kecil dari kuman sehingga ia tidak mudah sakit. Namun, menambah frekuensi mandi saat pandemi seperti sekarang, hanya membuat kulitnya yang masih sensitif menjadi kering. Untuk itu, cukup mandikan si kecil maksimal 2 kali sehari.
  4. Saat melakukan perawatan kulit si kecil, pada prinsipnya gunakan produk yang memang diformulasi lembut untuk bayi. Untuk produk mandi dapat menggunakan sampo dan sabun khusus bayi dengan formula yang lembut dan efektif membersihkan tubuh si kecil.
  5. Walaupun sebaiknya tidak diajak keluar rumah bila tidak mendesak, habis bepergian adalah saat yang tepat untuk si kecil mandi. Pastikan waktu memandikan tidak terlalu pagi maupun terlalu sore, juga ketika si kecil tidak sedang dalam kondisi lapar, rewel, mengantuk, atau pasca menyusu. Jangan lupa untuk menjaga suhu ruangan antara 26-27o C, agar nyaman untuk si kecil.

(Foto : Dok. My Baby)

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *